3 Alasan Utama Mengapa Benua Antartika Tidak Dihuni Manusia Permanen

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 17:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa benua antartika tidak dihuni manusia - Sumber: pixabay.com/alkalenski
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa benua antartika tidak dihuni manusia - Sumber: pixabay.com/alkalenski
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa benua Antartika tidak dihuni manusia secara permanen? Ini mungkin pertanyaan yang sudah sering muncul saat membahas mengenai benua Antartika.
ADVERTISEMENT
Antartika terletak di Kutub Selatan dan dikelilingi oleh Samudra Antartika. Benua ini dijadikan sebagai pusat penelitian ilmiah internasional. Ilmuwan dari berbagai negara melakukan penelitian di sana untuk mempelajari perubahan iklim, geologi, biologi, dan fisika.

Mengapa Benua Antartika Tidak Dihuni Manusia?

Ilustrasi mengapa benua antartika tidak dihuni manusia - Sumber: pixabay.com/358611
Benua Antartika adalah benua yang terletak di ujung selatan Bumi. Ini adalah benua terdingin, terkering, dan terluas di dunia, dengan luas sekitar 14 juta kilometer persegi.
Berdasarkan keterangan di Buku Ajar Ilmu Alamiah Dasar, Khaerus Syahidi. M.Pd., 2022, hampir sekitar 98% permukaannya tertutup oleh lapisan es yang tebal. Inilah yang menjadikannya sebagai reservoir air tawar terbesar di planet ini.
Meskipun dijadikan sebagai pusat penelitian, tidak ada manusia yang bisa hidup di sana secara permanen. Mengapa benua Antartika tidak dihuni manusia? Inilah beberapa alasan utamanya.
ADVERTISEMENT

1. Iklim yang Ekstrem

Antartika merupakan salah satu tempat terdingin di dunia dengan suhu rata-rata -50°C hingga -60°C di musim dingin dan hanya sekitar -20°C di musim panas. Kondisi cuaca ekstrem ini membuat sulit bagi manusia untuk bertahan hidup tanpa perlengkapan yang sesuai.

2. Terbatasnya Ketersediaan Sumber Daya

Benua Antartika memiliki lapisan es yang sangat tebal yang menutupi sebagian besar wilayahnya. Hal tersebut menyulitkan manusia untuk mengakses sumber daya alam yang ada di bawahnya, seperti air tawar dan tanah yang subur untuk pertanian.

3. Isolasi Geografis

Antartika terletak sangat jauh dari pusat-pusat populasi manusia di dunia. Jarak yang besar ini membuat logistik menjadi tantangan besar untuk mendukung kehidupan manusia di sana, termasuk pasokan makanan, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya.
ADVERTISEMENT
Bukan itu saja, kehidupan manusia pastinya memerlukan infrastruktur yang memadai, seperti perumahan, fasilitas kesehatan, dan sarana transportasi. Pembangunan infrastruktur di Antartika sangat sulit karena kondisi iklim yang keras dan lingkungannya.
Kombinasi dari faktor-faktor di atas merupakan alasan mengapa benua Antartika tidak dihuni manusia secara permanen. Sebagian besar manusia yang berada di Antartika adalah ilmuwan, peneliti, atau personel yang bekerja dalam misi ilmiah atau ekspedisi sementara. (DNR)