3 Contoh Deskripsi Ekskul Catur di Profil Sekolah

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
13 Juni 2024 12:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh deskripsi ekskul catur. Sumber: unsplash.com/RandyFath.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh deskripsi ekskul catur. Sumber: unsplash.com/RandyFath.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Contoh deskripsi ekskul catur dapat dijadikan referensi untuk mengisi deskripsi serupa di profil sekolah. Profil sekolah penting untuk dibuat agar masyarakat mengetahui alamat, kegiatan, sarana hingga prestasi sekolah tersebut.
ADVERTISEMENT
Profil sekolah dapat ditemukan di Dapodik, brosur dan situs sekolah, yang menggunakan alamat www.xxx.sch.id. Catur sebagai salah satu ekstrakurikuler juga perlu dijelaskan dalam profil tersebut untuk menarik minat siswa dan sebagai informasi kepada orang tua.

Contoh Deskripsi Ekskul Catur

Ilustrasi contoh deskripsi ekskul catur. Sumber: unsplash.com/GrStocks.
Dikutip dari Pendidikan Karakter: Implementasi oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah dan Sumber Daya Pendidikan, Jasman Jalil (2018:129), ekstrakurikuler adalah kegiatan kesiswaan di luar jam pelajaran yang untuk mengembangkan potensi peserta didik.
Di antara potensi yang berusaha dikembangkan sekolah adalah olah raga catur. Perlu diketahui, Grandmaster (GM) dengan elo rating tertinggi di Indonesia adalah Susanto Megaranto. Gelar tersebut diraihnya pada usia 17 tahun atau usia SMA.
Melihat pentingnya ekstrakurikuler catur ini, berikut adalah contoh deskripsi ekskul catur di sekolah.
ADVERTISEMENT

Contoh 1

SMA Mandiri menyelenggarakan dan mendukung kegiatan ekstrakurikuler catur untuk menghasilkan siswa berprestasi. Sekolah memberikan fasilitas papan demo catur, papan catur dengan standar pertandingan dan pembimbing yang mumpuni.
Siswa SMA Mandiri telah menjuarai berbagai turnamen catur. Salah satunya sebagai Juara Nasional O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) atas nama Farida Fatimah dan Juara II Kompetisi Catur Cepat atas nama Tubagus Agus.

Contoh 2

Catur adalah olah raga yang memerlukan ketajaman berpikir, konsentrasi, ketahanan fisik dan kekuatan mental. Catur merupakan kegiatan yang dapat menempa siswa menjadi pribadi yang memiliki semangat juang tinggi.
Untuk itu, SMA Kemenangan mendukung penuh kegiatan ekstrakurikuler catur, yang diselenggarakan seminggu sekali di sekolah dan dapat ditingkatkan menjelang turnamen. SMA Kemenangan memiliki tim-tim catur yang giat berlatih.
ADVERTISEMENT

Contoh 3

Ekstrakurikuler catur merupakan kegiatan resmi SMA Kejayaan yang memberikan fasilitas bagi siswa dengan minat besar pada olah raga catur. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini, siswa memiliki lawan tanding untuk berlatih ketika akan menghadapi kejuaraan.
Contoh deskripsi ekskul catur di profil sekolah harus disesuaikan dengan kondisi ekstrakurikuler yang sedang berjalan di sekolah tersebut. Selain itu, sekolah memiliki keleluasaan untuk memilih struktur dan membuat isi deskripsinya. (lus)