3 Contoh Globalisasi Ekonomi dan Dampaknya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
25 Maret 2024 15:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh globalisasi ekonomi. Sumber: Pexels/freestocks.org
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh globalisasi ekonomi. Sumber: Pexels/freestocks.org
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beberapa contoh globalisasi ekonomi yang menghubungkan pasar dan perusahaan antar negara satu sama lain dengan berbagai kemajuan teknologi, transportasi, dan lain-lain. Salah satunya adalah globalisasi di bidang investasi
ADVERTISEMENT
Ekonomi merupakan merupakan ilmu mengenai produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang, perindustrian, hingga perdagangan. Bentuknya beragam dan memengaruhi berbagai jenis perdagangan di dunia internasional.

Beragam Contoh Globalisasi Ekonomi

Ilustrasi contoh globalisasi ekonomi. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko
Menurut buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah), Nana Supriatna, Mamat Ruhimat, Kosim (2006:329), globalisasi ekonomi adalah menyatunya kegiatan ekonomi produksi, konsumsi, maupun investasi antar negara yang terjadi di dunia. Berikut ini adalah contoh globalisasi ekonomi yang menarik diketahui.

1. Globalisasi Bidang Produksi

Sebagai contoh pakaian yang dibuat di Indonesia tetapi bahan bakunya berasal dari India, dan asesoris diambil dari Cina dan perancang busananya berasal dari Jerman.
Jadi hasil dari pakaian tersebut bukan hanya hasil produksi dari satu negara, akan tetapi hasil kerja sama global. Kegiatan produksi juga menyebabkan adanya kegiatan ekspor impor untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara.
ADVERTISEMENT

2. Globalisasi Bidang Investasi

Pengusaha-pengusaha di dunia diberikan kebebasan menanamkan modalnya dan mendirikan perusahaan di berbagai negara. Hal ini termasuk contoh globalisasi ekonomi yang sering ditemukan di Indonesia.

3. Globalisasi Bidang Konsumsi

Biasanya ditandai dengan perdagangan bebas dunia. Barang-barang konsumsi dari negara lain bebas masuk ke negara lainnya tanpa pembatasan. Sebagai contoh restoran Dunkin Donnuts yang dapat dinikmati di berbagai wilayah di Indonesia hingga luar negeri dengan rasa yang sama. Hal ini karena diproduksi dari perusahaan yang sama.

Dampak Globalisasi Ekonomi

Ilustrasi dampak globalisasi ekonomi. Sumber foto: Pexels/pixabay
Berbagai kegiatan globalisasi ekonomi yang tak terbatas pasti memberikan dampak positif dan negatif, di antaranya adalah.
ADVERTISEMENT
Contoh globalisasi ekonomi disebabkan karena adanya kemajuan banyak bidang mulai dari teknologi, transportasi, dan lain-lain. Hal ini membuat kemudahan dalam mempersatukan dunia dengan akses dan tanpa batas. (DVA).