3 Contoh Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari beserta Rumusnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Januari 2024 11:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari. Sumber: pexels.com/Jeshootsco
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari. Sumber: pexels.com/Jeshootsco
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kendaraan bisa bergerak naik merupakan salah satu contoh penerapan Hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari. Kendaraan naik bisa dilihat di tempat pencucian motor atau mobil dan diangkat dengan rem hidrolik.
ADVERTISEMENT
Penemuan Hukum Pascal pertama kali adalah oleh seorang ilmuwan dan filsuf yang berasal dari Perancis yaitu Blaise Pascal. Itulah mengapa nama hukum ini menggunakan nama belakangnya.

Rumus Hukum Pascal

Ilustrasi contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari. Sumber: pexels.com/CVSV
Blaise Pascal melakukan sebuah percobaan di tahun 1653 mengenai keseimbangan suatu cairan yang berkaitan dengan prinsip fluida statis.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa apabila tekanan diberikan ke fluida di ruangan tertutup maka tekanan tersebut akan diteruskan menuju berbagai arah. Besaran tekanan tidak akan berubah sama sekali.
Adapun bunyi Hukum Pascal adalah “tekanan yang diberikan pada zat cair di ruangan yang tertutup bisa diteruskan ke segala arah dengan besaran tekanan yang sama”. Blaise Pascal berhasil menemukan Hukum Pascal lewat percobaan Torricelli.
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana Blaise Pascal melakukannya? Hanya dengan mengandalkan kantong plastik yang diisi dengan air. Adapun rumus Hukum Pascal yang dikenal sampai sekarang dalam Fisika adalah
F1 / A1 = F2 / A2
Keterangan:
F1 = gaya penampang 1 (N)
A1 = luas penampang 1 (m2)
F2 = gaya penampang 2 (N)
A2 = luas penampang 2 (m2)

Contoh Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari. Sumber: pexels.com/Jeswin Thomas
Terdapat banyak contoh penerapan Hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari. Mengutip dari buku IPA Terpadu SMP dan MTs, Mikrajuddin dkk, (2007:78), di bawah ini ada beberapa contoh Hukum Pascal dalam kehidupan.

1. Rem Hidrolik

Prinsip kerja rem hidrolik adalah dengan menahan gerakan cakram yang terhubung dengan ban. Terjadi gaya gesekan antara cakram dengan penjepit saat menjepit cakram sehingga kendaraan langsung berhenti.
ADVERTISEMENT

2. Mesin Pengangkat Mobil Hidrolik

Berikutnya adalah mesin pengangkat mobil hidrolik. Ketika digunakan, udara dengan tekanan tinggi akan mengalir ke bagian reservoir.
Tekanan tersebut kemudian akan diteruskan menuju piston dengan bantuan zat cair. Hasilnya adalah muncul gaya angkat yang sangat besar.

3. Dongkrak Hidrolik

Contoh terakhir adalah dongkrak hidrolik yang memiliki cara kerja dengan membuat perbandingan kedua luas penampang pada piston. Hasilnya sama dengan alat sebelumnya yaitu memunculkan gaya yang sangat besar sehingga bisa mengangkat kendaraan.
Ada banyak contoh penerapan Hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah alat pengangkat mobil yaitu dongkrak hidrolik. Terdapat prinsip kerja tertentu yang membuat alat tersebut bisa mengangkat kendaraan berat. (GTA)