Konten dari Pengguna

3 Contoh Visi Misi Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
23 Juni 2024 16:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh visi misi sekolah dasar - Sumber: pixabay.com/poison_ivy
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh visi misi sekolah dasar - Sumber: pixabay.com/poison_ivy
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Contoh visi dan misi sekolah dasar memiliki beberapa tujuan penting. Khususnya dalam konteks pengelolaan pendidikan dan pengembangan sekolah sebagai institusi pendidikan.
ADVERTISEMENT
Adanya visi dan misi membantu mengarahkan dan menetapkan tujuan jangka panjang dan fokus strategis sekolah dasar (SD). Mereka Dua hal tersebur menjadi panduan tentang apa yang ingin dicapai oleh sekolah dalam jangka waktu tertentu.

Contoh Visi Misi Sekolah Dasar pada Penerapan Kurikulm Merdeka

Ilustrasi contoh visi misi sekolah dasar - Sumber: pixabay.com/vimbroisi
Visi dan misi berfungsi sebagai alat komunikasi yang penting baik secara internal (di antara anggota komunitas sekolah) maupun eksternal (kepada stakeholder dan masyarakat). Adanya visi dan misi memudahkan sekolah untuk mengomunikasikan komitmen mereka.
Bukan hanya komitmen terhadap pendidikan yang berkualitas, tapi juga terhadap nilai-nilai yang dipegang. Inilah beberapa contoh visi misi sekolah dasar Kurikulum Merdeka yang bisa menjadi referensi.

Contoh 1

ADVERTISEMENT

Contoh 2

Contoh 3

Berdasarkan buku Manajemen Sekolah Dasar Unggul, Endang Poerwanti, Beti Istanti Suwandayani, (2020), visi dan misi yang ada di suatu institusi pendidikan memberikan kerangka kerja yang jelas dalam mengambil keputusan strategis dan operasional.
ADVERTISEMENT
Contoh visi misi sekolah dasar membantu sekolah untuk memprioritaskan inisiatif dan aktivitas. Semuanya harus konsisten dengan visi jangka panjang dan misi pendekatan yang diadopsi. (DNR)