3 Dampak Positif Pemanasan Global Bagi Lingkungan Sekitar

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 16:40 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Dampak Positif Pemanasan Global, foto:pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dampak Positif Pemanasan Global, foto:pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak yang tidak mengetahui bahwa ternyata terdapat beberapa dampak positif dengan adanya fenomena pemanasan global bagi lingkungan sekitar. Salah satu dampak positif pemanasan global yaitu mampu mengontrol suhu dan juga kelembapan lingkungan.
ADVERTISEMENT
Pemanasan global tersebut merupakan peristiwa meningkatnya suhu pada permukaan bumi. Di mana penyebabnya adalah adanya emisi karbon dioksida sebagai efek rumah kaca dari berbagai aktivitas manusia.

Pengertian Pemanasan Global

Ilustrasi Dampak Positif Pemanasan Global, foto:pexels
Menurut buku Pemanasan Global Solusi dan Peluang Bisnis, Team SOS (2011:5), pemanasan global adalah terjadinya fenomana peningkatan temperatur rata-rata pada permukaan bumi. Selain itu juga dapat disebut sebagai global warming.
Di mana fenomena tersebut terjadi secara global atau menyeluruh di dunia. Terjadinya pemansan global disebabkan oleh beberapa hal. Adapun penjelasan penyebabnya sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

Penjelasan Dampak Positif Pemanasan Global

Ilustrasi Dampak Positif Pemanasan Global, foto:pexels
Terdapat berbagai dampak positif pemanasan global terhadap lingkungan sekitar yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berikut adalah penjelasan beberapa dampak yang terjadi karena adanya pemanasan global.

1. Keseimbangan Iklim yang Lebih Baik

Adanya fenomena pemanasan global dapat menyebabkan keseimbangan iklim yang lebih baik di berbagai wilayah dunia. Di mana fenomena tersebut dapat mengubah pola cuaca.
Selain itu ketika iklim seimbang, maka suhu dan curah hujan yang akan didistribusikan lebih merata. Sehingga dapat membantu dalam pengurangan kekeringan di beberapa wilayah.

2. Pembukaan Akses ke Wilayah yang Terisolasi

Dampak positif selanjutnya yaitu dapat membuka akses ke wilayah yang sebelumnya terisolasi oleh hamparan es beku. Salah satu contohnya yaitu terjadinya pencairan di benua Arktik.
Kondisi tersebut memungkinkan berbagai kapal untuk mencapai wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau. Selain itu juga dapat memberikan peluang bagi ekspedisi ilmiah, eskporasi energi dan sumber daya alam, serta pariwisata pada wilayah tersebut.
ADVERTISEMENT

3. Menjadikan Pertumbuhan Tanaman Pertanian yang Lebih Baik

Ketika terjadi pemanasan global, maka dapat menyebabkan pertumbuhan dari tanaman pertanian menjadi lebih baik. Hal ini karena ketika suhu dan ketersediaan CO2 dalam udara meningkat dapat mempengaruhi proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman secara positif.
Ketika banyak energi yang berasal dari sinar matahari tersedia untuk tumbuhan, maka dapat mendorong proses fotosintesis yang lebih efisien. Selanjutnya tanaman pertanian dapat memberikan hasil panen yang berlimbah.
Sehingga ketika panen yang dihasilkan lebih besar, maka dapat meningkatkan ketersediaan makanan bagi manusia.
Secara luas dampak positif pemanasan global dapat diketahui pada beberapa aspek kehidupan. Mulai dari bidang pertanian, akses transportasi, dan juga pariwisata. (PAM)