3 Fungsi UUD 1945 Beserta Sifatnya di Indonesia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Juni 2023 15:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Fungsi UUD 1945, foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fungsi UUD 1945, foto: pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
UUD 1945 ialah sebuah hukum dasar yang dijadikan sumber dari segala peraturan perundang-undangan di Indonesia. Fungsi UUD 1945 pun juga masih berkaitan dengan makna tersebut.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku UUD 1945 & Perubahannya karya Redaksi Bmedia (48:2016) undang-undang dasar 1945 merupakan garis besar hukum dalam penyelenggaraan tanah air. Dengan begitu sudah jelas bahwa UUD 1945 dipakai menjadi acuan hukum.

Fungsi Undang-Undang Dasar 1945 di Indonesia

Ilustrasi Fungsi UUD 1945, Foto: pixabay.com
UUD 1945 tidak sembarangan dibuat tanpa fungsi maupun tujuan. Keseluruhan naskahnya tersusun atas pembukaan serta pasal-pasal yang tak dapat terpisahkan.
Jadi memang UUD 1945 memiliki fungsi penting untuk keberlangsungan hukum negara. Berikut beberapa fungsi UUD 1945 yang perlu diketahui.

1. Mengatur Peraturan yang Ada di Indonesia

Di dunia ini tak ada negara tanpa aturan. Siapapun yang melanggar aturan dari sebuah negara maka akan menerima konsekuensi dari perbuatannya tersebut.
Hal tersebut juga berlaku di Indonesia karena negara kita merupakan negara hukum. Di sinilah fungsi UUD 1945 diperlukan untuk mengatur segala peraturan di negeri ini kemudian menetapkan hukumannya.
ADVERTISEMENT

2. Menciptakan Warga Negara yang Bisa Memajukan Indonesia

Di dalam undang-undang dasar tersampaikan pesan cita-cita bangsa agar semakin maju dan memiliki masa depan yang cemerlang. Hal tersebut juga menyangkut segala upayanya masyarakat dalam menggapai mimpi tersebut

3. Melindungi Warga Negara Indonesia

UUD 1945 juga menyebutkan bahwa Indonesia menentang segala bentuk penjajahan pada Hak Asasi Manusia. Maka secara tidak langsung undang-undang dasar 1945 menentang adanya segala bentuk penindasan terhadap warganya.

Sifat Undang-Undang Dasar 1945

Fungsi UUD 1945 dan sifatnya, Foto: pixabay.com
Undang-undang dasar 1945 memiliki dua jenis sifat. Sifat tersebut adalah singkat dan elastis. Maksud dari singkat maupun elastis ini tidak serta merta bisa diartikan sembarangan. Berikut penjelasannya.

1. Undang-Undang Dasar 1945 Bersifat Singkat

UUD 1945 dikatakan singkat sebab hanya mengandung 37 pasal saja. Jadi undang-undang dasar di negara kita hanya memuat aturan-aturan pokok saja.

2. Undang-Undang Dasar 1945 Bersifat Elastis

Maksud dari sifat elastis adalah, UUD 1945 bisa fleksibel menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Aturannya akan diserahkan kepada UU yang lebih mudah diubah, dicabut dan dibuat.
ADVERTISEMENT
Demikian beberapa penjelasan mengenai fungsi UUD 1945 beserta sifat yang dimilikinya. Tanpa UUD 1945 Indonesia akan menjadi negara yang tanpa tujuan dan tak memiliki sumber hukum yang jelas. (SLM)