3 Jenis Nyamuk dan Bahayanya Bagi Manusia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
30 Juni 2023 15:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
jenis nyamuk berbahaya, foto: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
jenis nyamuk berbahaya, foto: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nyamuk merupakan serangga yang mudah ditemukan di mana saja. Sayangnya, ada beberapa jenis nyamuk berbahaya yang dapat menularkan penyakit pada manusia.
ADVERTISEMENT
Penyakit yang ditularkan tersebut pun bermacam-macam. Terlebih lagi, penyakit dari nyamuk bisa beresiko menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, diperlukan adanya kewaspadaan untuk menghindari gigitannya.

Jenis Nyamuk dan Bahayanya

Gambar jenis nyamuk dan bahayanya, foto: pexels.com
Sebenarnya, tak semua nyamuk bisa menjangkiti penyakit pada manusia. Sebagian jenis nyamuk hanya akan menyebabkan gatal dan bentol di kulit.
Hanya saja, jika telah tergigit oleh spesies nyamuk tertentu, maka dampaknya akan buruk. Berikut beberapa jenis nyamuk tersebut beserta bahayanya.

1. Nyamuk Aedes Aegypti

Dikutip dari buku Deman Berdarah Dengue (DBD) karya Misnadiarly (35:2009), Aedes Aegypti ialah jenis nyamuk rumahan yang dapat menyebarkan penyakit demam berdarah dengue.
Penyakit ini ditandai dengan naiknya suhu tubuh mencapai 39 derajat Celcius. Kondisi tersebut akan bertahan sampai 2-7 hari, hingga akhirnya suhu badannya menurun drastis.
ADVERTISEMENT
Ketika sudah kritis, penderitanya juga akan mengalami mimisan, BAB berwana gelap hingga muntah darah. Jika tak ditangani dengan baik, maka akan menyebabkan kematian.
Nyamuk yang menularkannya adalah nyamuk betina dewasa. Mereka membutuhkan darah manusia untuk hidup serta berkembang biak. Untuk mengenalinya, dapat dilihat dari warnyanya yang belang hitam dan putih.

2. Nyamuk Culex Quinquefasciatus

Nyamuk Culek biasanya muncul dalam rumah saat malam yakni, sehabis waktu magrib hingga pukul 12 malam. Jenis nyamuk ini sering menghisap darah manusia dan menjadi penyabaran penyakit filariasis.
Penyakit filariasis ini dikenal juga dengan sebutan kaki gajah. Penderitanya akan mengalami pembengkakan di bagian tubuhnya, terutama kaki, alat kelamin luar dan lengan. Hal tersebut terjadi akibat cacing parasit filaria.

3. Nyamuk Anopheles

Anopheles ialah nyamuk yang menularkan penyakit berbahaya, yakni malaria. Nyamuk jenis ini banyak ditemukan pada daerah pegunungan serta pedesaan.
ADVERTISEMENT
Untuk mengenalinya, bisa dilihat dari warnanya yang coklat kehitaman. Cara nyamuk ini menggigit pun unik, yaitu menggigit dengan posisi menungging.
Nyamuk ini menggigit dan menyebarkan parasit bernama Plasmodium. Parasit tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia, kemudian menetap pada organ hati sampai akhirnya menyerang sel darah merah.
Demikian itu tadi beberapa jenis nyamuk dan bahayanya bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat. (SLM)