3 Kegunaan Unsur Belerang dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
26 Maret 2024 13:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kegunaan Unsur Belerang. Sumber: Pixabay/jhenning
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kegunaan Unsur Belerang. Sumber: Pixabay/jhenning
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat sejumlah kegunaan unsur belerang yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan unsur belerang dapat digunakan di berbagai bidang, mulai dari bidang industri, pertanian, hingga kesehatan.
ADVERTISEMENT
Belerang sendiri merupakan unsur kimia dengan massa getas berwarna kuning. Belerang banyak ditemukan di kawasan vulkanik serta di bawah lapisan kulit bumi dalam bentuk unsur dan senyawa.

Kegunaan Unsur Belerang

Ilustrasi Kegunaan Unsur Belerang. Sumber: Pixabay/analogicus
Kegunaan unsur belerang dapat dibagi berdasarkan bidang-bidangnya. Berikut di antaranya.

1. Bidang Industri

Dikutip dari buku Kimia untuk Kelas XII Semester 1, Nana Sutresna (2008:148), unsur belerang terutama dapat digunakan dalam proses pembuatan asam sulfat.
Asam sulfat sendiri banyak digunakan untuk produksi berbagai bahan kimia, mulai dari deterjen, pewarna, hingga bahan kimia organik lainnya. Selain itu, asam sulfat juga berguna dalam proses pelarutan dan pemurnian logam.
Unsur belerang juga banyak digunakan sebagai bahan baku untuk produksi alumunium sulfat dan amonium sulfat, serta menjadi bahan pendukung untuk penyulingan dan ekstraksi minyak.
ADVERTISEMENT
Unsur belerang juga digunakan dalam produksi kertas, produksi baterai, bubuk mesiu, dan bahan campuran untuk produksi plastik.

2. Bidang Pertanian

Pada dasarnya, unsur belerang paling banyak digunakan untuk pembuatan asam sulfat. Adapun asam sulfat banyak dimanfaatkan oleh bidang pertanian untuk memproduksi pupuk fosfat. Pupuk fosfat sendiri berperan penting dalan pertanian tanaman pangan.
Hal ini membuat tanaman yang menggunakan pupuk fosfat mendapatkan tambahan nutrisi yang dapat membantu perkembangan akar, pucuk, dan anakan tanaman.

3. Bidang Kesehatan

Unsur belerang nyatanya juga banyak bermanfaat untuk bidang kesehatan, terutama untuk kulit. Pasalnya, belerang memiliki kandungan anti-jamur, anti-bakteri, dan keratolitik yang dapat meredakan berbagai penyakit kulit seperti koreng dan jerawat.
Karena itu, banyak pengobatan kulit yang menggunakan belerang sebagai bahan dasarnya, seperti berendam di air belerang, sabun belerang, hingga produk kecantikan yang terbuat dari unsur belerang.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya penyakit kulit, kandungan pada belerang juga efektif dalam mengatasi berbagai penyakit lain seperti hipertensi dan radang sendi, serta bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah.
Itu dia ulasan mengenai 3 kegunaan unsur belerang dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan seputar pemanfaatan unsur belerang. (YAS)