4 Benda Langit yang Berputar Berlawanan Arah dengan Matahari

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
20 April 2024 15:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi benda langit yang berputar berlawanan arah dengan Matahari adalah. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi benda langit yang berputar berlawanan arah dengan Matahari adalah. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Benda langit yang berputar berlawanan arah dengan Matahari adalah benda langit yang rotasinya dari barat ke timur. Kebanyakan benda langit berputar dengan arah yang sama dengan Matahari, yaitu dari timur ke barat. Namun, rupanya ada juga yang arah putarnya berbeda.
ADVERTISEMENT
Matahari merupakan benda langit besar yang memiliki peran sebagai pusat tata surya. Benda langit satu ini menghabiskan waktu rata-rata sekitar 28 hari untuk menghabiskan satu putaran. Arah rotasi dari Matahari adalah ke timur atau berlawan dengan jarum jam.

Benda Langit yang Rotasinya Berlawanan dengan Matahari

Gambar benda langit yang berputar berlawanan arah dengan Matahari adalah. Sumber: pexels.com
Kebanyakan benda langit seperti planet, bintang, satelit, dan sebagainya berputar dengan arah yang sama seperti Matahari. Jarang sekali ada benda langit yang arahnya berlawanan dengan Matahari. Berikut beberapa benda langit tersebut.

1. Planet Venus

Benda langit yang berputar berlawanan arah dengan Matahari adalah planet Venus. Planet ini adalah planet yang rotasinya sangat lambat, yaitu 243 hari untuk melakukan satu putaran penuh.
Dikutip dari buku IPA Fisika Gasing, Yohanes Surya (2008:215), Venus ialah planet yang rotasinya searah jarum jam atau berlawan dengan perputaran Matahari. Venus membuat gerakan retrogade atau gerakan rotasi yang berlawan dengan revolusinya sendiri.
ADVERTISEMENT

2. Bulan

Bulan adalah satelit alami milik Bumi yang juga merupakan benda langit dengan rotasi berkebalikan dari Matahari. Apabila melihat Bulan dari Bumi, memang tampaknya Bulan berotasi dari timur ke barat. Akan tetapi, sebenarnya Bulan bergerak sebaliknya.

3. Komet

Komet adalah salah satu benda langit yang tersusun atas es, debu, serta batuan yang mengorbit matahari. Meskipun tidak semua, tetapi ada beberapa komet yang arah rotasinya berkebalikan dari Matahari. Hal itu disebabkan oleh interaksi planet atau gaya gravitasi.

4. Asteroid

Asteroid termasuk benda langit yang geraknya berlawanan dengan Matahari. Hal ini disebabkan oleh tabrakan dengan objek lain atau grativasi dari suatu planet sehingga gerak rotasinya berubah.
Itulah dari beberapa benda langit yang rotasinya berlawanan arah dengan sang surya. Kesimpulannya, benda langit yang berputar berlawanan arah dengan Matahari adalah planet Venus, Bulan, Komet, dan Asteroid. (SLM)
ADVERTISEMENT