4 Bentang Alam di Benua Afrika beserta Karakteristiknya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
9 Desember 2023 22:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
bentang alam di benua afrika. Sumber: pexels.com/Dennys Gromov
zoom-in-whitePerbesar
bentang alam di benua afrika. Sumber: pexels.com/Dennys Gromov
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Benua Afrika adalah benua terbesar nomor dua setelah Benua Asia dan memiliki banyak penduduk. Bentang alam di Benua Afrika sangat beragam dan ditempati oleh penduduk dengan total sekitar 800 juta orang dengan 54 negara.
ADVERTISEMENT
Adapun luas wilayah Benua Afrika sekitar 30.224.050 km dan sudah termasuk pulau yang berada di dekat benua. Luas daratan di Benua Afrika ini adalah 20.3 persen dari luas seluruh daratan di permukaan Bumi.

Bentang Alam di Benua Afrika dan Karakteristik

bentang alam di benua afrika. Sumber: pexels.com/Dennys Gromov
Bentang alam yang paling terkenal di Benua Afrika adalah Gurun Sahara. Sebuah padang gurun luas sebesar 9 juta kilometer persegi. Adapun tinggi dari Gurun Sahara adalah 30 meter dari permukaan laut.
Mengutip dari buku Pasti Ilmu Pengetahuan Sosial, Tim Ganesha Operation, (2020:10), di bawah ini ada penjelasan mengenai bentang alam di Benua Afrika.

1. Gurun

Tidak hanya terdapat Gurun Sahara saja, di Benua Afrika juga terdapat gurun lain, yaitu Gurung Namib, Gurun Libya, dan Gurun Kalahari. Gurun Kalahari adalah kawasan dengan luas 200 ribuan kilometer persegi.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Gurun Namib yang berada di Afrika Selatan memiliki luas 2 ribu kilometer. Gurun Namib terbentang dari Pantai Atlantik yang berlokasi di Afrika Selatan, Namibia, dan Angola.
Sedangkan Gurun Libya adalah gurun yang terletak di utara dan sebagian di timur Sahara.

2. Dataran Rendah

Dataran rendah yang terdapat di Benua Afrika terdiri dari daerah aliran sungai dan basin atau cekungan mirip relief. Adapun bentuk dari basin adalah berupa belanga, seperti Basin Danau Tigani, Basin Rudolf, dan Basin Chad.

3. Plato atau Dataran Tinggi

Bentang alam berikutnya adalah plato atau dataran tinggi yang terbagi menjadi dua, yaitu plato bawah dan plato atas. Plato bawah terletak di Afrika bagian utara dan barat, sedangkan plato atas terletak di Afrika bagian selatan.
ADVERTISEMENT

4. Pegunungan

Terakhir adalah pegunungan yang terdiri dari Pegunungan Naga dan Pegunungan Atlas. Pegunungan Naga berada di bagian selatan hingga tenggara dan Pegunungan Atlas berada di pantai barat laut hingga Tunisia.
Adapun karakteristik dari Benua Afrika adalah dikenal dengan Benua Hitam karena mayoritas warga di sana memiliki kulit berwarna hitam. Selain itu, Benua Afrika memiliki sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.
Terdapat piramida-piramida yaitu tempat makam para raja dan menjadi daya tarik wisata serta masuk ke salah satu keajaiban dunia.
Bentang alam di Benua Afrika tersebut menjadi ciri khas dari Benua Afrika. Jadi, Afrika tidak hanya memiliki Gurun Sahara saja melainkan juga bentang alam lainnya. (GTA)
ADVERTISEMENT