4 Contoh Kerajinan dari Kotak Kemasan Hasil Limbah Lunak

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
16 November 2023 17:16 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Kerajinan dari Kotak Kemasan. Sumber: Pixabay/boaphotostudio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Kerajinan dari Kotak Kemasan. Sumber: Pixabay/boaphotostudio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat sejumlah contoh kerajinan dari kotak kemasan yang sering ditemukan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari, kerajinan tersebut sebenarnya berasal dari limbah lunak.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari bahan dasarnya, kerajinan tersebut memiliki nilai seni serta ekonomi yang tinggi. Bahkan karena berasal dari kotak kemasan yang merupakan limbah lunak, modal yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut tergolong terjangkau.

Kerajinan dari Limbah Lunak

Ilustrasi Contoh Kerajinan dari Kotak Kemasan. Sumber: Pixabay/Pexels
Sebelum mengenal lebih jauh mengenai contoh kerajinan dari kotak kemasan, sebaiknya pahami dulu tentang kerajinan dari limbah lunak.
Dikutip dari buku Prakarya SMP/MTs Kelas VII, Paresti, dkk. (2017:8), limbah lunak adalah mengacu pada kata sifat lunak, yaitu limbah yang bersifat lembut, empuk, dan mudah dibentuk. Limbah lunak memiliki proses pelapukan yang tergolong lebih cepat dari pada limbah kertas.
Limbah lunak dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu limbah lunak organik dan anorganik. Limbah lunak organik lebih banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan.
ADVERTISEMENT
Sementara limbah lunak anorganik berasal dari bahan olahan dengan campuran zat kimiawi dan menghasilkan bahan yang lembut, empuk, lentur, dan mudah dibentuk serta diolah dengan bahan yang sederhana.
Limbah lunak anorganik umumnya berasal dari kegiatan industri, pertambangan, serta domestik dari sampah rumah tangga. Beberapa di antaranya adalah kemasan plastik, kain perca, karet sintetis, serta kotak kemasan.
Hampir semua limbah lunak anorganik dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk kerajinan, termasuk limbah yang berasal dari bahan kotak kemasan.
Kotak kemasan sendiri merupakan wadah di bagian terluar yang berfungsi untuk membungkus agar produk di dalamnya terlindungi. Kotak kemasan banyak digunakan di berbagai produk, mulai dari makanan, minuman, hingga obat-obatan.
Meski begitu, kotak kemasan tersebut biasanya langsung dibuang kemasannya setelah isi di dalamnya digunakan. Padahal kotak kemasan dapat dibuat menjadi berbagai bentuk kerajinan yang unik dan bernilai seni tinggi.
ADVERTISEMENT

4 Contoh Kerajinan dari Kotak Kemasan

Ilustrasi Contoh Kerajinan dari Kotak Kemasan. Sumber: Pixabay/PublicDomainPictures
Pengolahan limbah dari kotak kemasan untuk pembuatan kerajinan tidak memerlukan penanganan khusus, kecuali kotak kemasan minuman karena harus dicuci dahulu hingga benar-benar bersih. Cara membuatnya pun tergolong mudah, meski memerlukan sedikit ketekunan.
Beberapa contoh kerajinan dari kotak kemasan hasil limbah lunak yang sering ditemukan dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari di antaranya sebagai berikut.
Demikian penjelasan mengenai 4 contoh kerajinan dari kotak kemasan hasil limbah lunak. Semoga ulasan ini dapat meningkatkan wawasan seputar macam-macam kerajinan yang terbuat dari limbah. (YAS)
ADVERTISEMENT