4 Contoh Organic Marketing dalam Bisnis

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
1 Januari 2024 15:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
contoh organic marketing. Sumber: pexels.com/Caio
zoom-in-whitePerbesar
contoh organic marketing. Sumber: pexels.com/Caio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai pemilik bisnis, pebisnis bisa menerapkan contoh organic marketing untuk meningkatkan angka penjualan. Organic marketing memungkinkan pebisnis untuk mempromosikan produk jadi lebih mudah.
ADVERTISEMENT
Pemasaran organik atau organic marketing berfokus pada strategi sederhana untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pemasaran organik adalah jenis pemasaran yang bisa dilakukan secara online.

Pengertian Organic Marketing

contoh organic marketing. Sumber: pexels.com/Canva Studio
Ada beberapa syarat sebelum menerapkan pemasaran organik, salah satunya adalah memiliki produk hebat yang menghasilkan.
Mengutip dari buku Digital Marketing: Konsep dan Strategi, Abdul Rauf, (2021:159), pemasaran atau marketing adalah kegiatan untuk mengkomunikasikan, menciptakan, dan mengirimkan penawaran kepada masyarakat, klien, partner, dan customer.
Adapun pengertian pemasaran organik adalah salah satu jenis pemasaran yang dilakukan secara digital dalam mempromosikan produk tanpa iklan berbayar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran organik yaitu:
ADVERTISEMENT

Contoh Organic Marketing

contoh organic marketing. Sumber: pexels.com/Canva Studio
Istilah organik ada pada metode pemasaran yang dengan menyajikan konten yang relevan terhadap calon konsumen. Berikut ini beberapa contoh organic marketing yang bisa digunakan oleh pebisnis.

1. SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu contoh pemasaran organik yang biasa dibuat di blog. Konten yang tertulis di blog harus bermanfaat dan memberikan solusi atas masalah konsumen.

2. Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial paling terkenal di Indonesia khususnya di kalangan anak muda. Ada beragam foto dan video yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk ke konsumen tertentu.

3. Youtube

Selain Instagram, masyarakat Indonesia juga gemar menonton video Youtube. Lewat media sosial tersebut, pebisnis memiliki kesempatan untuk membagikan video yang berkaitan dengan bisnis.
ADVERTISEMENT

4. Program Afiliasi

Contoh pemasaran organik juga bisa dilakukan di program afiliasi dengan bekerja bersama influencer. Pebisnis tidak perlu mengeluarkan uang di muka, melainkan membayar influencer dengan memberikan komisi setiap penjualan.
Menerapkan contoh organic marketing seperti SEO akan membantu mendapatkan lebih banyak konsumen dari berbagai kalangan. Hal ini dapat membantu pebisnis untuk memasarkan produk lebih cepat. (GTA)