4 Contoh Perilaku Al-alim yang Dapat Diterapkan di Keseharian

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
11 Maret 2024 17:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh perilaku Al-alim. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh perilaku Al-alim. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Asmaul Husna sebagai nama-nama Allah bukan hanya untuk dihafalkan, melainkan juga untuk diamalkan. Salah satu Asmaul Husna adalah Al-alim. Tentu saja ada banyak contoh perilaku Al-alim yang bisa diamalkan umat muslim dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Sukses dan Kaya dengan Mengamalkan Asmaul Husna, Abu Fajar Al-Qalami (2019:123), Al-alim adalah sifat Allah yang diartikan sebagai Maha Mengetahui. Namun, jika disematkan pada manusia, alim bermakna berilmu dan berpengetahuan luas.

Mengenal Contoh Perilaku Al-alim dalam Kehidupan Sehari-hari

Gambar dari contoh perilaku Al-alim. Sumber: pexels.com
Untuk menjadi orang yang berilmu, seseorang harus menggali dan mengasah potensi dirinya. Dengan menggali potensi diri, maka sama saja dengan sedang mengamalkan perilaku Al-alim. Adapun berikut contoh perilaku tersebut.

1. Rajin Belajar

Contoh perilaku Al-alim yang pertama adalah rajin belajar. Sebab, dengan rajin belajar maka seseorang akan memiliki wawasan yang luas. Akan tetapi, hal yang dipelajari harus hal positif.
Misalnya, belajar Al-Quran, belajar pelajaran sekolah, belajar dari kisah-kisah inspiratif Islam, dan sebagainya. Dengan begitu, wawasan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan kebaikan.
ADVERTISEMENT

2. Tidak Berprasangka Buruk Pada Allah

Al alim bagi Allah artinya Maha Mengetahui. Dengan memahami fakta tersebut, maka akan membuat seorang muslim merasa tenang dengan ketetapan yang diterimanya.
Jadi, ketika ditimpa musibah ia akan tetap berprasangka baik pada Allah. Sebab, takdir yang diterimanya didapatkan dari ketetapan Allah SWT yang Maha Mengetahui.

3. Merenungi Ciptaan Allah

Seluruh ciptaan Allah adalah bukti dari kekuasaan-Nya yang luar biasa. Merenungi ciptaan-ciptaanNya tersebut sama saja dengan belajar serta menambah keimanan sebagai seorang muslim.
Selain itu, merenungi ciptaan Allah juga bisa membuka sudut pandang seseorang pada dunia. Itulah sebabnya, merenungi ciptaan Allah adalah hal yang penting dilakukan.

4. Mengamalkan Ilmu yang Telah Dipelajari

Ilmu yang hanya dihafal saja akan bermanfaat bagi satu orang saja. Maka, ilmu yang telah dipelajari harus terus diamalkan agar berguna bagi semua orang. Hal tersebut dapat menambah pahala dan keridhaan Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Demikian contoh perilaku Al-alim yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan seluruh contoh perilaku di atas, maka hidup akan lebih berkah dan bermanfaat. (SLM)