4 Dampak Positif Erosi pada Lingkungan dan Kehidupan Manusia

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 16:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Dampak Positif Erosi. Sumber: Pexels/ Omar Ramadan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dampak Positif Erosi. Sumber: Pexels/ Omar Ramadan
ADVERTISEMENT
Erosi memberikan dampak bagi kehidupan, termasuk dampak positif. Salah satu dampak positif erosi adalah menambah kesuburan di wilayah tertentu. Unsur hara yang terkikis, terbawa ke wilayah endapan.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya, erosi di wilayah pegunungan yang dapat memberikan dampak positif. Terjadinya erosi disebabkan dua hal yakni alami dan buatan. Alami contohnya oleh aliran air, es, dan juga turunnya hujan. Sedangkan buatan disebabkan aktivitas berlebihan manusia.

Dampak Positif Erosi

Ilustrasi Dampak Positif Erosi. Sumber: Pexels/Julia Volk
Mengutip buku Geografi SMP dan MTs, Wirastuti Widyatmanti, Dini Natalia (hal.80), erosi adalah proses berpindahnya material bumi oleh air, angin, gravitasi ataupun akibat pengaruh organisme.
Lapisan tanah yang terbentuk ribuan tahun, dapat terkikis karena sifatnya yang rapuh. Selain dampak negatif, ada beberapa dampak positif erosi yang dapat dirasakan oleh lingkungan kehidupan manusia, berikut di antaranya.

1. Menemukan Sumber Daya Alam Baru

Terjadinya perpindahan material akan mengikis bagian permukaan tanah. Proses ini dapat menyebabkan sumber daya alam yang berada di lapisan bawah perlahan tersingkap. Jadi manusia dan lingkungan sekitar dapat memanfaatkannya.
ADVERTISEMENT

2. Menambah Kesuburan

Unsur hara pada tanah yang terkikis akan terbawa ke wilayah endapan. Maka kesuburan pada daerah tersebut akan semakin bertambah. Produksi pertanian akan lebih subur dan melimpah.
Seperti contoh jika terjadi erosi di daerah pegunungan, maka material akan terbawa ke wilayah endapan di bagian bawah yang lebih dekat dengan kehidupan manusia.

3. Penyebaran Unsur Hara

Dampak positif erosi selanjutnya adalah penyebaran kembali unsur hara ke wilayah-wilayah yang lebih luas. Terlebih jika erosi terjadi di wilayah perbukitan dan pegunungan.

4. Membentuk Bentang Alam Baru

Erosi yang merupakan proses perpindahan material ini, perlahan atau cepat akan menyebabkan bentang alam baru dengan keindahan tersendiri. Terbentuknya bukit lembah dan tebing bisa tercipta dengan adanya erosi. Pemandangan baru akan terlihat.
ADVERTISEMENT
Dampak positif erosi dapat dirasakan oleh manusia. Namun, dampak negatifnya juga mengancam lingkungan dan manusia. Sehingga pengetahuan tentang mengelola tanah harus selalu dikembangkan demi generasi mendatang. (DVA)