Konten dari Pengguna

4 Jenis Eyeliner untuk Riasan Mata dan Kelebihannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
12 Agustus 2023 16:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Eyeliner. Sumber: Unsplash/Ashley Piszek
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Eyeliner. Sumber: Unsplash/Ashley Piszek
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketahui jenis eyeliner yang paling cocok untuk diri sendiri supaya hasil riasan terlihat lebih cantik. Eyeliner dibagi menjadi beberapa macam dan semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Agar tidak salah pilih, pelajari jenis-jenisnya terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Eyeliner adalah salah satu kosmetik yang digunakan untuk merias mata. Jika diaplikasikan dengan tepat, mata bisa terlihat lebih cantik dan menawan.

Jenis Eyeliner dan Kelebihannya

Ilustrasi Jenis Eyeliner. Sumber: Unsplash/Artem Labunsky
Sebelum membahas jenis-jenisnya, pahami apa yang dimaksud dengan eyeliner. Dikutip dari The Make Over Mata, Karim dan Amelia (2013:30-31), eyeliner digunakan untuk membingkai garis mata dan mengoreksi bentuk mata. Hasilnya adalah mata terlihat lebih ekspresif.
Ada beberapa jenis eyeliner, berikut adalah penjelasannya.

1. Liquid Eyeliner

Liquid eyeliner bentuknya cair dan pekat. Biasanya, eyeliner cair ini tersedia dalam warna hitam dan warna gelap lainnya. Eyeliner ini daya tahannya bagus dan pulasannya lebih nyata. Terdapat beberapa bentuk liquid eyeliner, yaitu dalam botol lengkap dengan aplikator runcing dan menyerupai pulpen.
Meskipun hasilnya bagus, jika baru belajar menggunakan eyeliner hindari jenis ini. Liquid eyeliner cepat kering, sehingga jika belum terbiasa menggunakannya hasilnya kurang bagus. Kelebihannya, eyeliner ini bisa menghasilkan garis tajam dan tegas.
ADVERTISEMENT

2. Gel Eyeliner

Berbeda dengan liquid eyeliner, gel eyeliner bentuknya padat. Eyeliner ini biasanya tersedia dalam kemasan pot dan pengaplikasiannya menggunakan kuas. Hasil pulasannya mirip dengan liquid eyeliner, kuat dan nyata.
Eyeliner ini cocok bagi yang kurang suka dengan liquid eyeliner. Namun, kuas harus dipilih dengan benar supaya hasil pulasannya bagus.

3. Pencil Liner

Sesuai dengan namanya, pencil liner berbentuk pensil. Bentuk eyeliner ini juga yang paling mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula yang baru belajar merias mata. Karena bentuknya seperti pensil, eyeliner ini harus diserut sebelum digunakan.
Untuk penggunaannya, bisa dimulai dengan membuat garis tipis dan menebalkannya secara perlahan. Selain mudah digunakan, eyeliner ini praktis untuk dibawa.

4. Eyeliner Spidol

Selanjutnya adalah eyeliner spidol yang bentuknya mirip dengan pencil eyeliner. Bedanya, eyeliner ini tidak perlu diserut dan teksturnya cair. Bagian ujung yang kecil dan runcing akan memudahkan orang untuk mengaplikasikannya.
ADVERTISEMENT
Sama seperti liquid eyeliner, eyeliner spidol juga cepat kering sehingga harus diaplikasikan dengan cepat.
Terdapat beberapa jenis eyeliner untuk riasan mata yang bisa dipilih. Sesuaikan jenis-jenis tersebut dengan kemampuan diri untuk mengaplikasikannya. (KRIS)