Konten dari Pengguna

4 Manfaat Puasa Syawal dan Dalilnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
15 April 2024 15:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi. Manfaat puasa Syawal. Sumber: Pexels / Ahmed Aqtal
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi. Manfaat puasa Syawal. Sumber: Pexels / Ahmed Aqtal
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bulan Syawal merupakan bulan setelah bulan Ramadan. Pada awal bulan Syawal, umat muslim disunahkan atau dianjurkan untuk melakukan puasa. Lantas, apa saja manfaat puasa Syawal?
ADVERTISEMENT
Puasa Syawal dilakukan pada bulan Syawal selama enam hari dimulai setelah hari Raya Idulfitri. Puasa syawal memiliki keistimewaan dan manfaat yang sama baiknya seperti bulan Ramadan. Sehingga, puasa Syawal sering disebut sebagai amalan yang menyempurnakan puasa Ramadan.

Manfaat Puasa Syawal yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Ilustrasi. Manfaat puasa Syawal. Sumber: Pexels / Craig Adderley
Setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulann penuh, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa selama 6 hari di bulan Syawal.
Puasa bulan Syawal banyak manfaat dan keutamaan yang didapatkan. Manfaat puasa Syawal menurut buku Manajemen Diri Kunci Kebahagiaan, Kebaikan dan Keindahan dalam Islam, Ahmad Hosaini (2021: 191) yaitu penyempuna dari ibadah puasa Ramadan yang dilakukan selama enam hari.
Adapun puasa Syawal memiliki dasar pelaksanaannya yang didasarkan pada dalil sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Artinya: "Sungguh Rasulullah saw, bersabda, "Siapa yang berpuasa Ramadan, kemudian diiringi dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa sepanjang tahun." (HR. Muslim)
Dari adanya penjelasan tersebut, puasa syawal memiliki manfaat lain selain sebagai ibadah penyempurna puasa Ramadan. Berikut ini, beberapa manfaat yang didapatkan ketika melaksanakan puasa Syawal.

1. Isyarat Ibadah Selama Ramadan Diterima

Manfaat yang pertama yaitu sebagai penyempurna ibadah selama Ramadan dapat diterima. Hal ini berdasarkan bentuk ketakwaan kepada Allah di luar bulan Ramadan.

2. Bentuk Rasa Syukur

Manfaat ini sebagai bentuk rasa syukur karena dapat mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga, didatangkan berkah, karunia yang melimpah selama bulan Ramadan.
ADVERTISEMENT

3. Ganjaran Puasa Setahun Penuh

Puasa Syawal memiliki keutamaan yang dimana diberi ganjaran seperti melakukan puasa selama setahun penuh.

4. Meningkatkan dan Mempertahankan Kualitas Ibadah

Puasa Syawal menjadi bentuk ibadah yang memiliki manfaat sebagai mempertahankan kualitas ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan. Selain itu, puasa Syawal sebagai bentuk peningkatan ibadah setelah bulan Ramadan.
Demikian penjelasan manfaat puasa Syawal dan dalilnya. Salah satu manfaat baiknya sebagai penyempurna puasa Ramadan. (RFL)