Konten dari Pengguna

5 Catatan Wali Kelas di Raport SMK untuk Memotivasi Siswa

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
21 Juni 2024 16:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Catatan Wali Kelas di Raport SMK. Sumber: Pixabay/LeeJeongSoo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Catatan Wali Kelas di Raport SMK. Sumber: Pixabay/LeeJeongSoo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menjelang pembagian rapor, sangat penting bagi wali kelas SMK untuk memahami catatan wali kelas di raport SMK. Hal ini karena catatan wali kelas di raport SMK merupakan salah satu unsur penting dalam rapor.
ADVERTISEMENT
Bahkan catatan wali kelas memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan seorang siswa. Baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Mengenal Catatan Wali Kelas

Ilustrasi Catatan Wali Kelas di Raport SMK. Sumber: Pixabay/14995841
Dikutip dari Buku Panduan Manajemen Tugas Wali Kelas Berbasis Teknologi Informasi, Engreini dan Rizal (2020:5-6), salah satu tugas wali kelas yang termuat dalam Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 yang berhubungan dengan pengelolaan peserta didik adalah membuat catatan khusus tentang peserta didik.
Pada tugas tersebut, wali kelas bertanggung jawab untuk membuat catatan khusus masing-masing peserta didik yang berguna untuk memudahkan identifikasi peserta didik yang ada dalam tanggung jawab wali kelas.
Adapun catatan khusus tersebut salah satunya dapat dicantumkan di dalam rapor siswa yang diberikan setiap akhir semester. Umumnya, isi catatan wali kelas yang dituliskan pada rapor dapat berupa pesan, kesan, saran, hingga kalimat motivasi yang dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik.
ADVERTISEMENT

Catatan Wali Kelas di Raport SMK

Ilustrasi Catatan Wali Kelas di Raport SMK. Sumber: Pixabay/meditationlife90
Sebenarnya setiap jenjang pendidikan memiliki gaya penulisan catatan wali kelas yang berbeda-beda. Namun, karena siswa SMK sudah dapat lebih memahami beragam makna bahasa. Biasanya, catatan yang diberikan akan lebih kompleks dan panjang.
Oleh karena itu, berikut dipaparkan sejumlah catatan wali kelas di rapor SMK untuk memotivasi siswa yang dapat dijadikan referensi bagi wali kelas SMK.
ADVERTISEMENT
Demikian ulasan mengenai contoh catatan wali kelas di raport SMK. Kelima contoh di atas dapat disesuaikan dan dimodifikasi lagi sesuai dengan kondisi perkembangan masing-masing siswa. (YAS)