5 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Perlu Diketahui Calon Ibu

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
3 Juni 2023 9:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri-Ciri Hamil Muda. Sumber: www.pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri-Ciri Hamil Muda. Sumber: www.pixabay.com
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri hamil muda merupakan hal yang penting untuk di pahami oleh seorang calon ibu. Karena dengan mengenal tanda kehamilan, calon ibu akan menjadi lebih hati-hati, waspada dan lebih bisa menyiapkan nutrisi terbaik bagi calon bayi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Siap Menjadi Mama karya Niza Lauzi (2017), wanita hamil pada dasarnya memiliki tanda yang sama, terutama pada keadaan psikologis dan mudah lelah. Kondisi ini terutama sangat dirasakan saat memasuki trimester awal atau hamil muda di mana orang lain akan menyadari bahwa Anda sedang hamil.

5 Ciri-Ciri Hamil Muda

Ilustrasi Ciri-Ciri Hamil Muda. Sumber: www.pixabay.com
Hamil adalah momen terindah bagi setiap perempuan. Menjaga kesehatan diri dan calon bayi penting dilakukan. Fakta di lapangan, ketika usia kehamilan trimester pertama, masih banyak yang belum paham ciri-ciri hamil muda.
Berikut ciri-ciri hamil muda lengkap dengan penjelasannya yang perlu diketahui oleh calon ibu.

1. Mual dan muntah

Ini merupakan ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang disebut juga dengan morning sickness. Siklus ini dapat terjadi hingga minggu ke 9.
ADVERTISEMENT
Selain itu perut juga akan sering mengalami kram perut, ini menjadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang disertai dengan bercak darah. Kondisi ini terjadi karena ada proses implantasi janin ke rahim. Bercak darah yang keluar umumnya tidak lebih dari 3 hari dan memiliki jumlah yang sedikit dari menstruasi.

2. Nyeri payudara

Ciri-ciri kedua adalah nyeri payudara. Di trimester pertama nyeri payudara terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron saat awal kehamilan.
Selain itu, nyeri juga dapat terjadi karena ukuran payudara berubah. Perubahan ukuran ini bertujuan untuk mempersiapkan payudara dalam memproduksi ASI selama masa menyusui. Nyeri payudara dapat diatasi dengan menggunakan bra berukuran longgar supaya tidak terlalu menekan.

3. Kelelahan

Ini menjadi keluhan yang kerap ibu hamil alami di minggu pertama, dan kondisi kelelahan merupakan ciri yang paling umum yang bisa dilihat. Hal ini terjadi akibat hormon progesteron yang meningkat, sehingga menyebabkan ibu mengalami kelelahan dan mengantuk sepanjang menjalani kehamilan.
ADVERTISEMENT
Untuk meringankan gejala ini, sebaiknya perbanyak waktu istirahat dan pastikan ruangan tidur selalu nyaman untuk beristirahat. Pastikan calon ibu juga mengelola tingkat stres dengan baik.

4. Terlambat haid

Umumnya, telat haid terjadi ketika wanita tidak mendapatkan haid seminggu atau lebih. Penyebabnya adalah saat wanita mengalami pembuahan, tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang dapat menghentikan ovulasi.
Sayangnya, telat haid ini tidak selalu menjadi ciri-ciri hamil muda. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, kondisi ini menjadi hal yang biasa dilalui tiap bulannya sehingga banyak wanita yang tidak sadar mengenai gejala kehamilan tersebut.

5. Sering buang air kecil

Kondisi ini menjadi salah satu tanda-tanda hamil muda yang tidak disadari. Biasanya, gejala ini muncul pada 6–8 minggu setelah sel telur dibuahi.
ADVERTISEMENT
Sering buang air kecil pada awal kehamilan diakibatkan oleh tingginya hormon HCG, yang mana hormon ini dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga produksi urine meningkat.
Tanda-tanda hamil ini yang tidak disadari namun sering dialami oleh wanita hamil disertai nyeri kepala dan punggung. Nyeri kepala terjadi karena peningkatan aliran darah dan hormon secara tiba-tiba. Di mana tubuh ibu hamil akan menampung tambahan darah sebanyak 50% saat sedang mengandung.
Demikian ulasan ciri-ciri hamil muda yang perlu diketahui oleh seorang calon ibu. Semoga sehat selalu. (NDA)