5 Ciri-ciri Planet Bumi dalam Sistem Tata Surya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
29 Juni 2023 14:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ciri-ciri planet bumi. Sumber: Pixabay/ TheDigitalArtist
zoom-in-whitePerbesar
Ciri-ciri planet bumi. Sumber: Pixabay/ TheDigitalArtist
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bumi merpakan satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Hal ini juga menjadi ciri-ciri planet bumi yang terpenting. Dibanding planet lainnya, bumi memiliki gravitasi yang cukup kuat sehingga benda yang ada di bumi tidak berterbangan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Ensiklopedia Interaktif: Planet Bumi oleh Marcus Johnson (2023:10), bumi adalah salah satu dari delapan planet yang bergerak mengelilingi matahari, yang merupakan pusat tata surya.

Ciri-ciri Planet Bumi

Ciri-ciri Planet Bumi. Sumber: Pixabay/ PIRO4D
Bumi adalah planet dengan nomer urut 3 terdekat dari pusat tata surya, yaitu matahari. Terdapat ciri-ciri planet bumi yang membedakannya dengan planet lainnya di tata surya. Hal ini karena setiap planet memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda.
Agar lebih mudah membedakannya dengan planet lain, simak ciri-ciri planet bumi berikut ini.

1. Terdapat Unsur Kehidupan

Ciri-ciri planet bumi yang utama ialah adanya kehidupan. Perlu diketahui, bumi merupakan satu-satunya planet yang ditinggali oleh makhluk hidup. Hal ini didukung dengan adanya oksigen dan air di setiap lapisan bumi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, bantuan sinar matahari juga berperan penting dalam memberikan kehidupan untuk tumbuhan berfotosintesis. Dari proses fotosintesis tersebut, maka muncullah oksigen yang digunakan manusia untuk bertahan hidup.

2. Memiliki Lapisan Ozon

Adanya lapisan ozon di atmosfer bumi berguna untuk terlindung dari serangan asteroid. Jikat tidak terlindung oleh lapisan ozon akan meningkatkan resiko bertabrakan dengan asteroid. Karena jumlah asteroid sendiri cukup banyak dan memungkinkan keluar dari orbit.

3. Mempunyai Satelit Alami

Ciri-ciri planet bumi berikutnya adalah memiliki satelit alami yang disebut dengan bulan. Satelit sendiri merupakan benda langit yang mengitari induk atau planet.
Keberadaan bulan memuat bumi mendapatkan penyinaran dengan memantulkan cahaya matahari. Hal ini dapat diketahui ketika malam hari, bumi akan tetap terang tanpa ada sinar matahari.
ADVERTISEMENT

4. Lempeng Tektonik

Lempeng tektonik yang dimiliki oleh bumi, membuat lapisan tersebut selalu melakukan pergerakan sesuai dengan jalurnya. Kecepatan dari pergerakan lapisan selimut bumi diperikirakan 16 mm per tahun.
Meskipun cukup kecil, lempeng tektonik dapat dibuktikan dengan adanya 6 benua besar di dunia. Mulanya, di permukaan bumi hanya terdapat 1 benua besar yang disebut benua Pangea. Kemudian seiring waktu, terbagi menjadi 6, yaitu Asia, Afrika, Amerika, Eropa, Australia, dan Antartika.

5. Suhu yang Stabil

Ciri-ciri planet bumi yang terakhir ialah stabilnya suhu. Hal ini juga membuat adanya unsur kehidupan di bumi. Suhu planet bumi juga beragam, tergantung kondisi iklim dan cuaca.
Jarak antara bumi dan matahari sendiri adalah 150.000 km yang membuatnya memiliki suhu tidak terlalu ekstrim dan dapat dihuni oleh makhluk hidup.
ADVERTISEMENT
Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri planet bumi yang menarik untuk dipelajari. Semoga bermanfaat! (NUM)