5 Ciri-ciri Planet Luar yang Ada di Tata Surya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
7 Maret 2024 17:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri-ciri planet luar. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri planet luar. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Planet yang ada di tata surya terbagi dua macam. Salah satunya bernama planet luar. Kelompok planet luar ini terdiri dari beberapa planet. Tentu saja ada beberapa ciri-ciri planet luar yang dapat dipelajari untuk mengenalinya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Planet dan Satelit, Viyanti (2023:17), planet luar disebut juga dengan planet outer yang terdiri dari empat planet, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, serta Neptunus.

Apa Saja Ciri-Ciri Planet Luar?

Gambar ciri-ciri planet luar. Sumber: pexels.com
Planet luar menjadi berbeda dari planet lainnya karena beberapa karakteristik khasnya. Adapun berikut di bawah ini beberapa ciri-ciri planet luar yang dapat simak penjelasannya.

1. Memiliki Jarak yang Jauh dari Matahari

Planet luar berjarak minimal 750 juta kilometer dari matahari. Letaknya ada di luar sabuk asteroid, tak seperti planet dalam yang ada di dalam sabuk asteroid. Jaraknya yang jauh dari matahari membuatnya suhunya sangat ekstrim.

2. Berukuran Sangat Besar

Planet luar memiliki ukuran yang lebih besar dari planet-planet lain di sistem tata surya. Salah satu planet terbesar adalah planet Jupiter yang memiliki diameter 142.800 kilometer.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, planet terkecil yang tergolong planet luar adalah Neptunus. Planet tersebut memiliki diameter mencapai 49.528 km.

3. Komposisi Kimianya Terdiri dari Gas dan Es

Planet luar memiliki komposisi yang didominasi dengan gas serta es. Planet Jupiter dan Saturnus terbuat dari hidrogen dan helium. Sedangkan Uranus dan Neptunus terbuat dari metana, air, dan amonia.

4. Periode Rotasinya Lebih Cepat

Periode rotasi planet dipengaruhi oleh hukum kekekalan momentum. Momentum ini akan tetap konstan kecuali ada gaya eksternal yang mempengaruhi. Periode rotasi dari kelompok planet luar karena sebagian besar tersusun atas gas.

5. Memiliki Banyak Satelit

Satelit yang dimiliki planet luar sangat banyak, contohnya seperti Jupiter yang memiliki 79 satelit. Kemudian, Saturnus yang memiliki 82 satelit, Uranus dengan 27 satelit, dan Neptunus yang mempunyai 14 satelit.
ADVERTISEMENT
Itulah tadi uraian tentang ciri-ciri planet luar yang dapat menambah ilmu. Kesimpulannya, ciri-ciri dari outer planet ialah jaraknya yang jauh dari matahari, berukuran besar, tersusun atas gas dan es, periode rotasinya cepat, serta punya banyak satelit. (SLM)