5 Contoh Kerajinan dari Kerang yang Unik

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
23 Oktober 2023 16:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh Kerajinan dari Kerang. Sumber: Unsplash/Giulia May
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Kerajinan dari Kerang. Sumber: Unsplash/Giulia May
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kerang sudah dikenal memiliki corak yang menarik. Berbagai contoh kerajinan dari kerang tentu juga dapat menjadi ide berbagai hiasan rumah yang unik.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Buku Wawasan Creativity Indonesia dan Mancanegara Sekolah Dasar, Arina Restian, (2017: 45), kerajinan mempunyai arti kegiatan dari seni terapan yang menitik beratkan pada keterampilan tangan untuk mengolah sebuah bahan baku yang ditemukan di alam dan di lingkungan sekitar serta disulap menjadi benda yang memiliki fungsi dan memiliki nilai estetis.

5 Contoh Kerajinan dari Kerang

Contoh Kerajinan dari Kerang. Sumber: Unsplash/Xiaokang Zhang
Membuat kerajinan ini sebetulnya tidak terlalu sulit, hanya perlu memiliki sedikit kreatifitas serta pintar memilih kerang yang tepat. Berikut contoh kerajinan dari kerang yang unik dan memiliki nilai ekonomis.

1. Gelang dan Kalung

Gelang dan kalung dari kerang merupakan salah satu kerajinan yang sudah populer. Kerang sendiri memiliki berbagai ukuran dan bentuk sehingga dapat diolah menjadi potongan-potongan kecil, lalu dirangkai dengan tali atau benang untuk membuat perhiasan menarik.
ADVERTISEMENT
Dengan sentuhan kreatif, kombinasi berbagai jenis kerang dapat menghasilkan desain yang unik dan menarik.

2. Lampu Hias

Menggunakan kerang untuk membuat lampu hias merupakan ide kreatif lainnya. Kerang-kerang kecil atau bahkan pecahan kerang tersebut dapat diatur di sekitar cangkang lampu atau di sekitar dasar lampu.
Saat lampu dinyalakan, maka pola dan warna dari kerang dapat menciptakan pecahayaan menarik.

3. Hiasan Dinding

Untuk membuat rumah terlihat indah, salah satunya perlu dihiasi dengan hiasan menarik dan unik. Kerang juga bisa dijadikan hiasan dinding, kerajinan kerang hiasan dinding ini bisa dipajang di tempat-tempat mudah dipandang di dalam rumah, seperti ruang tamu, ruang makan, atau tempat lainnya.

4. Bingkai Cermin

Kerajinan kerang bingkai cermin ini dilapisi berbagai macam cangkang kerang dengan penataan yang sangat rapi. Penataan cangkang yang rapi akan membuat cermin terlihat semakin menarik, dan tidak membuat bosan penggunanya.
ADVERTISEMENT

5. Kotak Tisu

Contoh kerajinan dari kerang terakhir ialah kotak tisu, di mana bahan cangkang keras bisa disulap menjadi berbagai hiasan yang diletakkan pada tempat tisu.
Jika sebelumnya tempat tisu terlihat monoton, dengan tambahan hiasan kerang ini, maka tampilan yang dihasilkan bisa lebih menarik.
Itulah contoh kerajinan dari kerang. Bagaimana sudah mendapatkan ide membuat kerajinan tangan dari kerang? Semoga membantu. (ERI)