5 Contoh Kesimpulan Karya Ilmiah

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
30 Maret 2024 10:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Kesimpulan Karya Ilmiah. Sumber: www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Kesimpulan Karya Ilmiah. Sumber: www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hasil dari penelitian umumnya dituangkan ke dalam karya tulis. Bagian penting dari sebuah tulisan karya ilimiah adalah kesimpulan. Contoh kesimpulan karya ilmiah yang baik akan membuat pembaca semakin tertarik untuk memahami proses penelitian secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Metodologi dan Teknik Penulisan Ilmiah oleh Ameilia Zuliyanti Siregar dan Nurliana Harahap (2019), karya ilmiah harus ditulis dengan relistis, apa adanya, sesuai objeknya, tidak ada rekayasa, dan tidak ada subjektivitas penulis.

Contoh Kesimpulan Karya Ilmiah

Ilustrasi Contoh Kesimpulan Karya Ilmiah. Sumber: www.unsplash.com
Sebuah karya karya ilmiah harus disusun dengan metodelogi dan teknik penelitian. Dalam membuat kesimpulan, seorang peneliti harus memberikan gambaran intik dari penelitian yang telah dilakukan.
Dengan memberikan kesimpulan, seorang peneliti juga menunjukkan bahwa masalah dari penelitian telah menemukan solusi dan jawaban.
Agar bisa membuat kesimpulan menarik, berikut ini beberapa contoh kesimpulan karya ilmiah yang bisa dijadikan referensi oleh peneliti.

Contoh 1

Kecerdasan emosi akan mempengaruhi kemampuan berkomunikasi seseorang. Teori ini didukung oleh penelitian ini, semakin tinggi kecerdasan emosi seseorang maka akan semakin baik pula kemampuan komunikasinya. Hal ini terbukti dari 150 pekerja dibidang public speaking ada 130 yang memiliki kecerdasan emosi yang cukup baik.
ADVERTISEMENT

Contoh 2

Kerusakan dan pencemaran lingkungan banyak disebabkan oleh manusia. Saat ini dari data terlihat bahwa terdapat 4 dari 6 wilayah di Yogyakarta yang sering melakukan penebangan pohon bahkan pembakaran hutan. Hal ini terbukti dari banyaknya pabrik yang dibuka tanpa memikirkan hal untuk menanggulangi resikonya.

Contoh 3

Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan, pembuatan mie instan ini layak untuk dikembangkan, dari hasil perhitungan didapatkan laba sebesar Rp. 10.500.000, Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) sebesar 3.08, BEP harga sebesar Rp. 4398.333 dan BEP Produksi sebesar 2434 pack. Dengan kata lain produk mie instan ini layak untuk diprioritaskan.

Contoh 4

Kesimpulan karya tulis ilmiah ini adalah masih perlu diadakan evaluasi berkas rekam medis rawat inap khususnya pada resume medis pasien. Penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat 60 % petugas rekam medis yang kurang memahami SPO tentang prosedur kelengkapan berkas terutama pada pengisian resume medis pasien.
ADVERTISEMENT

Contoh 5

Dari penelitian ini teori yang mengatakan bahwa seseorang cenderung akan mengikuti tindakan atau perilaku mayoritas adalah benar. 70 persen dari subjek yang diteliti akan selalu mengikuti hal atau tindakan yang tinggi secara kuantitas terlepas itu benar atau tidak, merupakan minat atau tidak.
Demikian disampaikan contoh kesimpulan karya ilmiah yang berisikan sejumlah informasi penting terkait hasil final dari penelitian. (NDA)