Konten dari Pengguna

5 Contoh Reklame Media Visual yang Dipasang di Luar Ruangan

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
22 Januari 2024 13:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh reklame media visual yang dipasang diluar ruang. Sumber: pexels.com/RDNE Stock Project
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh reklame media visual yang dipasang diluar ruang. Sumber: pexels.com/RDNE Stock Project
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Reklame adalah media iklan berukuran besar yang biasanya dipasang di luar ruangan dengan tujuan mempromosikan produk bisnis. Adapun contoh reklame media visual yang dipasang di luar ruangan agar bisa dilihat banyak orang adalah brosur.
ADVERTISEMENT
Penjelasan lain mengenai reklame adalah gambar yang dipasang dengan tujuan untuk menawarkan produk kepada masyarakat. Dalam reklame, berisi informasi singkat mengenai produk tersebut.

Contoh Reklame Media Visual yang Dipasang di Luar Ruangan

Ilustrasi contoh reklame media visual yang dipasang diluar ruang. Sumber: pexels.com/Lukas Hartmann
Pembagian reklame terbagi menjadi dua jenis yaitu reklame produk dan reklame non produk. Reklame produk biasanya berisi mengenai informasi dengan tujuan promosi. Sedangkan reklame non produk biasanya hanya berisi nama atau logo perusahaan.
Reklame juga memiliki medianya sendiri dan salah satunya adalah media visual. Di bawah ini ada beberapa contoh reklame media visual yang dipasang di luar ruangan dengan tujuan promosi.

1. Brosur

Mengutip dari buku Desain Grafis Teori dan Praktek Menggunakan CorelDraw X7, Tonni Limbong dkk, (245), pengertian brosur adalah alat untuk mengenalkan produk berupa jasa atau barang kepada masyarakat umum.
ADVERTISEMENT
Dalam brosur biasanya terdapat informasi yang jelas seperti layanan, program yang diberikan, harga, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar masyarakat bisa langsung paham dan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

2. Baliho

Contoh berikutnya adalah baliho yaitu media publikasi berukuran besar yang biasa dipasang di pinggir jalan. Selain untuk promosi, baliho dibuat dengan tujuan menginformasikan masyarakat terkait suatu hal.

3. Billboard

Selain baliho dan brosur, ada juga reklame lain yaitu billboard. Billboard adalah media promosi yang tampilannya seperti poster namun berukuran lebih besar. Selain di pinggir jalan, billboard sering dipasang di terminal, stasiun, pasar, dan tempat umum lainnya.

4. Banner

Banner adalah reklame yang mirip dengan baliho dan billboard, hanya saja perbedaannya terdapat dari segi ukuran karena lebih kecil. Banner biasa dipasang di luar ruangan dengan penyangga.
ADVERTISEMENT

5. Poster

Terakhir adalah poster yaitu reklame yang hanya berbentuk lembaran kertas berisi tulisan dan gambar yang menarik.
Kelima contoh reklame media visual yang dipasang di luar ruangan di atas semuanya berfungsi untuk media promosi dan informasi. Tujuan media tersebut adalah agar masyarakat tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan. (GTA)