Konten dari Pengguna

5 Fungsi Kabel UTP dan Jenis-Jenisnya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
14 Juni 2023 16:34 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Fungsi kabel UTP, Foto: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Fungsi kabel UTP, Foto: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) umumnya dipakai pada LAN yang digunakan sebagai konektor data pada sebuah jaringan. Fungsi kabel UTP sendiri cukup beragam, sebab kabel ini memang multifungsi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari website resmi diskominfo.kedirikab.go.id bahwa kata Twisted Pair pada nama kabel ini merujuk pada bentuk kabel ini yang berupa saling berlilitan di tiap pasangnya.
Bentuk tersebut bukan karena sembarangan dibentuk, malainkan berguna agar mengurangi kebocoran kabel. Untuk mengenali kabel ini, bisa melihat warnanya yang warna-warni.

5 Fungsi Kabel UTP

Gambar fungsi kabel UTP, Foto: pexels.com
Bagi orang yang berkutat pada bidang IT, bisa jadi sudah tak asing dengan berbagai istilah perkabelan, apalagi kabel UTP. Namun berbeda dengan orang awam. Oleh sebab itu berikut dipaparkan berbagai fungsi kabel UTP.

1. Sebagai Alat Penghubung Antar Komputer

Fungsi utama dari kabel UTP adalah sebagai konektor antara satu komputer dengan perangkat komputer lain. Cara dengan menyusun kabel berbentuk cross-over.
Ujung kabel UTP ini dipakai untuk komputer pertama, selanjutnya dihubungkan dengan komputer lain dengan mengikuti alut susunannya saja.
ADVERTISEMENT

2. Sebagai Alat Penghubungan Komputer dengan Switch

Selanjutnya fungsi kabel UTP ialah sebagai penghubung dua host. Host yang dimaksud ini tak selalu perangkat komputer, bisa juga alat seperti mesin fax, mesin foto kopi, printer, scanner dan berbagai macam perangkat lain.

3. Sebagai Penghubung Router dengan Switch

Kabel UTP juga bisa dijadikan sebagai penghubung router dan hub. Namun untuk bisa menghubungkan dua perangkat tersebut kabel UTP perlu disusun straight-through.
Urutan warnanya pun antara kabel pertama dan kedua haruslah sama dalam susunan ini. Karena bila tidak kabel UTP tak akan berfungsi dalam menghubungkan router dengan hub.

4. Sebagai USB Extender

Kabel USB extender pada umumnya memiliki harga yang mahal. Itu sebabnya beberapa orang memilih menggantinya dengan Kabel UTP untuk lebih hemat.
USB Extender ialah kabel yang dipakai guna memperpanjang jarak dari USB post dan USB connector. Kabel UTP yang multifungsi tersebut, bisa memainkan difungsikan pada peran ini.
ADVERTISEMENT

5. Sebagai Extender Kabel Printer

Printer kadang membutuhkan kabel dengan jarak yang panjang. Nah, Kabel UTP bisa jadi solusi untuk memperpanjang jarak tersebut agar bisa terhubung dengan perangkat laptop maupun komputer.
Cara membuatnya serupa dengan USB Extender di atas. Anda hanya perlu menyesuaikan jack supaya sesuai dengan printer.

Jenis-jenis Kabel UTP

Ilustrasi gambar fungsi kabel utp dan jenisnya, foto, pexels.com
Kabel UTP dapat dibagi menjadi tiga tergantung dari cara penyusunannya. Jenis-jenis kabel UTP tersebut terbagi menjadi cross-over, straight-trough dan roll-over. Berikut di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Kabel Cross-over

Kabel tipe ini mempunyai sebuah aturan penyusunan yang tak sama antara tiap ujung konektor. Tipe cross-over biasanya dipakai untuk menghubungkan dua perangkat yang sama jenis.
Contohnya seperti komputer dengan komputer lain, switch dengan switch, hub dengan hub dan lain sebagainya. Hal ini agar perangkat tersebut bisa terkoneksi dengan baik.
ADVERTISEMENT

2. Kabel Straight Through

Kabel langsung atau disebut juga kabel straight through punya aturan penyusunan yang sama pada tiap konektornya. Berbeda dengan penyusunan cross-over.
Tipe kabel ini dipakai untuk menghubungkan 2 jenis perangkat yang berbeda. Misalnya seperti menghubungkan komputer dengan switch, komputer dengan hub dan sebagainya.

3. Kabel roll-over

Untuk kabel roll-over mempunyai aturan penyusunan yang terbalik antara ujung konektornya dengan konektor yang lain. Kabel tipe ini dipakai untuk menghubungkan dua jaringan perangkat yang berbeda.
Hampir sama dengan kabel UTP tipe straight through, tapi kabel roll-over lebih kepada menghubungkan perangkat yang mempunyai konsol. Contohnya seperti menghubungkan swicht ke printer, swicht ke proyektor dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Nah, begitulah tadi rangkuman mengenai fungsi kabel UTP beserta dengan jenis-jenis kabelnya. Jenis kabel UTP tak boleh disambungkan dengan susunan yang salah agar terkoneksi dengan baik. (SLM)