Konten dari Pengguna

5 Jenis Ikan Channa dan Harganya, dari yang Termurah hingga Termahal

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
19 Juli 2023 10:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Ikan Channa dan Harganya. Sumber: Unsplash/Huy Phan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Ikan Channa dan Harganya. Sumber: Unsplash/Huy Phan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikan channa adalah jenis ikan gabus hias yang tengah naik daun. Berbagai jenis ikan channa dan harganya dapat ditemukan di toko ikan hias. Berbagai komunitas pecinta ikan ini tersebar di seluruh Indonesia.
ADVERTISEMENT
Ikan predator yang sering disebut snakehead emperor ini, banyak menarik minat pecinta ikan lantaran karakternya yang berani dan agresif. Corak eksotis dan bentuknya yang khas juga mempengaruhi harga jual dari seekor ikan channa.

Jenis Ikan Channa dan Harganya

Ilustrasi Jenis Ikan Channa dan Harganya. Sumber: Unsplash/Milada Vigerova
Mengutip dari buku Misteri Ikan Gabus, Eddy Suprayitno (2017:7), gabus dan sejenisnya termasuk hewan dunia lama, yakni dari Asia (Channa) dan Afrika (Parachanna).
Seluruhnya kurang lebih terdapat 30 spesies channa yang secara alami menyebar di sebelah barat Garis Wallace (garis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dengan hewan Australasia).
Jenis ikan channa dan harganya tergantung dari corak, dan tingkat kesulitan mendapatkan dan membudidayakannya. Berikut jenis ikan channa dan kisaran harganya.
ADVERTISEMENT

1. Ikan Channa Asiatica

Ikan jenis channa asiatica atau yang umum disebut dengan ikan gabus mutiara dari China ini merupakan salah satu jenis ikan predator yang banyak diminati oleh orang-orang di Indonesia karena harganya yang terjangkau. Ikan ini dapat mencapai ukuran tubuh 30 cm. Harga Channa Asiatica untuk ukuran 10 cm mulai dari Rp 9.000- Rp 25.000

2. Ikan Channa Aurantimaculata

Channa aurantimaculata merupakan spesies snakehead berukuran sedang dan memiliki sisik corak yang berwarna-warni. Permintaan pasar terhadap ikan ini cukup tinggi. Auranti berasal dari sungai Brahmaputra timur laut India. Harga channa aurantimaculata untuk ukuran 15 cm berkisar Rp900.000-Rp 1.000.000.

3. Ikan Channa Gachua

Channa gachua adalah ikan gabus yang berukuran kecil, dengan panjang total tidak melebihi 20 cm saja. Masyarakat menyebutnya dengan sebutan limbata. Harga channa gachua ukuran besar berkisar Rp50.000-Rp200.000.
ADVERTISEMENT

4. Ikan Channa Pulchra

Channa pulchra alias peacock snakehead merupakan salah satu ikan gabus hias yang berukuran kecil. Maksimal panjang dari ikan gabus ini ialah 30 cm. Ikan ini cocok sekali dipelihara di aquarium kecil. Harga channa pulchra sekitar Rp180.000 untuk ukuran 10 cm.

5. Ikan Channa Barca

Ikan channa barca merupakan jenis ikan gabus atau channa termahal yang beredar di pasar indonesia. Ikan ini berasal dari perairan India, harganya mencapai 25 juta Rupiah. Channa barca dapat tumbuh makslimal hingga 90 centimeter, dengan fin lebar dan corak yang cantik.
Itulah jenis ikan channa dan harganya yang bervariasi. Rangkuman informasi tersebut dapat memberikan pandangan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan channa.(DVA)
ADVERTISEMENT