5 Manfaat Minyak Tawon yang Berkhasiat Selain untuk Pijat

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Juni 2023 16:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat minyak tawon. Sumber: Pixabay/silviarita
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat minyak tawon. Sumber: Pixabay/silviarita
ADVERTISEMENT
Salah satu minyak gosok atau urut yang terkenal adalah minyak tawon. Manfaat minyak tawon sangat beragam selain digunakan untuk pijat. Salah satunya adalah meredakan nyeri dan mengobati luka.
ADVERTISEMENT
Menariknya, bahan dasar minyak tawon bukanlah tawon. Menurut buku Pengetahuan, Kearifan Lokal, Pangan dan Kesehatan karya F.G. Winarno (2021:143), minyak tawon terbuat dari minyak kelapa dengan campuran kayu putih, bawang, daun lada, kunyit, dan jahe.

Manfaat Minyak Tawon

Manfaat minyak tawon. Sumber: Pixabay/silviarita
Manfaat minyak tawon yang beragam dipercaya dapat mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Hal ini karena kadar minyak yang terkandung cukup baik dan daya serapnya cukup lama. Simak manfaat lain dari minyak yang berasal dari Makassar berikut ini.

1. Mengobati Luka

Manfaat minyak tawon yang pertama adalah membantu menyembuhkan luka. Seperti contoh luka bakar atau luka akibat terkena benda tajam. Kandungan dalam minyak tawon dapat membantu penyembuhan luka dan membuatnya cepat kering.
Penggunaannya cukup mudah, tinggal oleskan pada luka menggunakan kapas atau tangan yang bersih. Dianjurkan untuk menggunakannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang baik.
ADVERTISEMENT

2. Membantu Meredakan Nyeri Otot

Minyak tawon juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Sebab dengan menggunakan minyak tawon, dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu untuk meredakan nyeri otot atau sendi.
Selain itu, juga dapat meringankan gejala pegal, mengobati keseleo, bengkak, bahkan pegal-pegal. Tinggal oleskan saja ke daerah yang dirasa pegal atau nyeri, atau dapat sambil memberikan pijatan ringan.

3. Mampu mengobati gatal-gatal akibat serangga

Manfaat minyak tawon selanjutnya adalah dapat mengurangi rasa gatal karena tergigit serangga, seperti nyamuk dan semut. Rasa gatal yang dapat penderitanya menggaruk-garuk sehingga membuat kulit terluka dapat dicegah menggunakan minyak tawon ini.
Selain itu, kandungan ekstrak kulit yang dimilikinya dapat mencegah timbulnya peradangan akibat gigitan serangga.

4. Meredakan Bengkak

Salah satu cara untuk mengurangi bengkak akibat keseleo atau luka adalah menggunakan minyak tawon. Penggunaan yang rutin pada area yang dirasa bengkak terbukti manjur mengobatinya.
ADVERTISEMENT

5. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat minyak tawon terakhir adalah mampu mengatasi perut kembung akibat masuk angin atau sebagainya. Rasa hangat yang ditimbulkan oleh minyak tawon dapat membantu rasa tidak nyaman akibat masuk angin.
Caranya adalah dengan mengoleskan berapa tetes minyak tawon pada area perut dan tunggu hingga perut terasa membaik. Setelah beberapa saat, pasti akan muncul rasa hangat yang dapat meredakan perut kembung.
Nah, demikianlah beberapa manfaat minyak tawon yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!
(NUM)