Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.89.0
Konten dari Pengguna
5 Soal Clash of Champions Episode 11
18 Agustus 2024 16:02 WIB
·
waktu baca 6 menitTulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Tak terasa, kini serial Clash of Champions sudah mencapai babak grand final di episode ke 11 yang tayang pada 17 Agustus pukul 19:00 WIB. Salah satu hal yang membuat banyak penonton tertarik adalah soal Clash of Champions episode 11 ini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari tayangan channel YouTube resmi Ruangguru, terdapat tiga games soal yang harus dikerjakan dengan cepat dan tepat oleh peserta 2 besar yang lolos di tahap grand final ini.
Peserta yang mengikuti episode ini adalah Axel dari National University of Singapore dan Shakira dari Universitas Indonesia. Dua champion hebat ini harus berhasil mendapatkan poin sebanyak-banyaknya agar bisa memenangkan ajang Clash of Champions.
Games Soal Clash of Champions Episode 11 beserta Jawabannya
Aturan main dari Clash of Champions pada episode kali ini adalah champion yang berhasil memenangkan setidaknya 2 games dari 3 games yang ada akan menjadi juara dari Clash of Champions.
Tiga games yang ada pada episode 11 kali ini adalah Numbers Blitz, The IQ Race, dan The Emperors’ Mind. Berikut soal Clash of Champions episode 11 dalam 3 games tersebut.
ADVERTISEMENT
1. Numbers Blitz
Numbers Blitz adalah game jenis hitungan yang menuntut champions mencari beberapa di antara ratusan angka 4 digit yang sesuai dengan kriteria yang dipilih. Apabila dibuat dalam bentuk soal, berikut bentuknya:
Perhatikan angka-angka di bawah ini dan temukan angka yang sesuai dengan kriteria a, b, dan c.
2376, 1500, 4890, 1700, 3600, 1587, 5335, 6622, 6166, 3013, 4110, 3720, 1590, 7525, 8424, 2211, 9041, 9933, 6030, 3495, 5625, 4395, 3720, 5929, 1100, 1342, 5335, 1200, 1665, 2445, 7635, 1416, 7365.
Temukan angka kelipatan 15
Temukan angka kelipatan 11
Temukan angka kelipatan 3
Jawaban:
Soal 1
Untuk bisa menemukan bilangan kelipatan 15, perlu ditemukan angka yang habis dibagi 15.
ADVERTISEMENT
Terdapat cara cepat yang bisa dipakai untuk menyelesaikan soal ini apabila tidak ingin memiliki kalkulator dan berkenan mengerjakannya dengan cepat.
15 adalah kelipatan dari 3 dan 5, jadi cara cepat yang bisa dipakai adalah dengan mencari angka yang belakangnya 0 atau 5 serta habis dibagi 3 dan 5.
Bilangan-bilangan kelipatan 15 yang ada di soal ini adalah 1500, 3720, 3495, 4890, 5625, 1200, 4395, 4110.
Soal 2
Untuk dapat menemukan bilangan kelipatan 11 diperlukan bilangan yang habis jika dibagi 11.
Cara cepat untuk bisa mencari bilangan kelipatan 11 adalah dengan mengecek selisih dari jumlah digit posisi ganjil dan jumlah posisi genap harus 0 atau kelipatan 11. Misalnya angka 5929, angka posisi ganjil adalah 5 dan 2 serta posisi genap yaitu 9 dan 9.
ADVERTISEMENT
Jadi (9 + 9) - (5 + 2) = 18 - 7 = 11. Jadi 5929 adalah bilangan kelipatan 11.
Bilangan-bilangan kelipatan 15 yang ada di soal ini adalah 5929, 1100, 1342, 9933, 5335, dan 6622.
Soal 3
Untuk dapat menemukan bilangan kelipatan 3 diperlukan bilangan yang habis jika dibagi 3.
Bilangan-bilangan kelipatan yang ada di soal ini adalah 2376, 1665, 2445, 7635, 1416, 1587, dan 7365.
2. The IQ Race
Cari bilangan selanjutnya dengan mengikuti pola yang ada.
ADVERTISEMENT
1, 2, 4, 7, 13, 24, 44, 81, 149, 274, 504, 927, 1705, 3136, …
Jawaban:
Bilangan keempat adalah jumlah dari bilangan ke-1, ke-2, dan ke-3. Jadi 1 + 2 + 4 = 7 dan seterusnya. Jadi, jawaban dari soal di atas adalah 927 + 1705 + 3136 = 5768
3. The Emperors’ Mind
Game The Emperors’ Mind merupakan permainan yang menguji daya ingat dari para champion. Hal yang harus diingat adalah urutan kaisar Romawi secara kronologis dari yang paling awal berkuasa hingga akhir dalam waktu 30 menit.
Para champion diberi kartu yang berisi gambar dan nama kaisar Romawi secara urut yang harus dihafalkan. Selain itu, mereka juga diberi kertas dan pulpen sebagai alat bantu. Setelah waktu menghafal habis kartu dan alat bantu akan diambil lagi.
ADVERTISEMENT
Kemudian, para champion dipersilahkan mengurutkan kartu-kartu yang telah diacak atau tidak urut. Para champion harus mengurutkannya. Setelah itu akan diperiksa apakah urutan yang champions ingat benar atau tidak.
Seorang champion yang mendapat poin benar paling banyak adalah yang menang. Berikut bentuk soal dari game The Emperors’ Mind di serial Clash of Champions.
Nama-nama di bawah ini adalah nama para kaisar Romawi yang disusun secara urut. Hafalkan dengan seksama! Kemudian urutkan nama-nama Kaisar Romawi yang acak.
Nama-nama kaisar Romawi versi urut
August -Tiberius - Caligula - Claudius - Nero - Galba - Otho - Vitelius - Vespasian - Titus - Domitian - Nerva - Trajan - Hadrian - Antonius Pius - Marcus Aurelius - Lucius Verus - Commodus - Pertinax - Didinus Julianus - Septimus Severus - Caracalla - Geta - Macrinus - Elagabalus - Alexander Severus - Maximinus - Gordian I - Gordian II - Balbinus & Pupienus - Gordian III - Philip - Decius - Hostilian - Trebonianus - Aemilianus - Valerian - Galienus - Claudius II- Quintilus - Aurelian - Tacitus - Florianus - Probus - Carus - Numerian - Carinus - Dioclatian - Maximian - Constantius Chlorus
ADVERTISEMENT
Nama-nama kaisar Romawi versi acak
Septimus Severus - Vitelius - August - Geta - Claudius - Nero - Otho - Tiberius - Marcus Aurelius - Maximian - Titus - Domitian - Nerva - Philip - Antonius Pius - Vespasian - Lucius Verus - Commodus - Didinus Julianus - Dioclatian - Macrinus - Caracalla - Caligula Elagabalus - Trajan - Hadrian - Galba - Pertinax - Alexander Severus - Maximinus - - Gordian II - Balbinus & Pupienus - Gordian III - Aurelian - Decius - Hostilian - Trebonianus - Aemilianus - Valerian - Galienus - Claudius II - Quintilus - Tacitus - Florianus - Probus - Carus - Numerian - Carinus - Constantius Chlorus - Gordian I
ADVERTISEMENT
Jawaban:
Demikian soal Clash of Champions episode 11 yang bisa dipelajari untuk mengasah otak. Kumpulan soal dari episode di atas sangatlah menantang apalagi jika harus dikerjakan dengan cepat dan tepat. (SLM)