Konten dari Pengguna

6 Jenis Teknik Sablon untuk Kaos Custom

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
29 Januari 2024 21:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Teknik Sabl. Sumber: Pexels/Muffin Creatives
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Teknik Sabl. Sumber: Pexels/Muffin Creatives
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam industri fashion, khususnya dalam pembuatan kaos custom, berbagai jenis teknik sablon memberikan keunikan dan nilai estetika tersendiri pada setiap produk. Teknik ini bervariasi, mulai dari yang tradisional hingga yang memanfaatkan teknologi modern.
ADVERTISEMENT
Setiap teknik memiliki karakteristik yang membuatnya cocok untuk kebutuhan dan desain tertentu. Dari sablon manual hingga teknologi cetak digital, setiap teknik menawarkan kelebihan unik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan desain dan produksi.

Jenis Teknik Sablon

Ilustrasi Jenis Teknik Sabl. Sumber: Pexels/Spencer Selover
Mengutip dari buku Ekonomi moral, rasional, dan politik dalam industri karya Heddy Shri Ahimsa Putra (2003), sablon adalah pengecapan bahan dengan saringan atau screen printing. Berikut adalah beberapa jenis teknik sablon yang perlu diketahui.

1. Cetak Sablon Polyflex

Teknik ini menggunakan bahan polyflex yang dipotong sesuai desain kemudian ditempelkan pada kaos dengan mesin press panas. Bagus untuk desain sederhana seperti nomor atau nama pada jersey olahraga.

2. Teknik Sablon Otomatis

Menggunakan mesin sablon otomatis, teknik ini memungkinkan pencetakan massal dengan kecepatan dan konsistensi yang lebih tinggi dibandingkan sablon manual. Ideal untuk order besar dengan desain yang sama.
ADVERTISEMENT

3. Cetak Sablon Digital

Metode ini memanfaatkan teknologi printer digital untuk mencetak desain langsung pada kain. Mampu menghasilkan detail yang sangat halus dan warna yang cerah, sangat cocok untuk desain kompleks dan produksi skala kecil.

4. Teknik Sablon Manual

Ini adalah metode sablon klasik yang menggunakan screen atau bingkai serta tinta yang diaplikasikan secara manual. Cocok untuk produksi dalam jumlah besar dan desain yang tidak terlalu kompleks.

5. Sablon Dye – Sublimation

Teknik ini khusus untuk kain sintetis seperti polyester. Tinta sublimasi berubah menjadi gas ketika dipanaskan dan menempel pada serat kain, menghasilkan warna yang tajam dan tahan lama.

6. Teknik Sablon Direct to Garment (DTG)

Mirip dengan cetak sablon digital, DTG mencetak desain langsung pada kaos. Kelebihannya adalah kemampuan untuk mencetak desain yang sangat detail dengan banyak variasi warna.
ADVERTISEMENT
Memilih jenis teknik sablon yang tepat tidak hanya bergantung pada jenis desain yang ingin dicetak, tetapi juga pada jenis kain, jumlah produksi, dan tentunya, preferensi estetika pelanggan. (ARR)