6 Manfaat Body Lotion untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
28 Juli 2023 14:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat body lotion. Sumber: Pexels/Armin Rimoldi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat body lotion. Sumber: Pexels/Armin Rimoldi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai organ tubuh, kulit membutuhkan perawatan dan perhatian yang cukup untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit. Ada banyak cara untuk merawatnya termasuk menggunakan body lotion. Manfaat body lotion yang utama adalah untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit.
ADVERTISEMENT
Body lotion dapat menawarkan berbagai manfaat yang lebih dari sekadar melembabkan kulit. Dengan menutrisi dan menyejukkan kulit, body lotion menjadi alat penting untuk mendapatkan kulit yang lembut, kenyal, dan bercahaya.

Manfaat Body Lotion bagi Kesehatan Kulit

Ilustrasi Manfaat body lotion. Sumber: Pexels/Sore Shimazaki
Body lotion memberi banyak manfaat yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain untuk melembabkan kulit, body lotion berperan dalam melindungi kulit, meningkatkan kelembutan, kekenyalan, dan membuat kulit lebih bercahaya.
Berdasarkan review jurnal berjudul The science behind skin care: Moisturizers, Zoe D Draelos MD, (2018: 138), berikut ini adalah beberapa manfaat dari menggunakan body lotion pada kulit secara rutin.

1. Menghidrasi Kulit Secara Mendalam

Manfaat body lotion yang utama adalah untuk melembabkan kulit serta mencegah kulit menjadi kering dan bersisik. Bahan aktif dalam body lotion, seperti gliserin, asam hialuronat, dan berbagai minyak alami, bekerja serempak untuk mengunci kelembapan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, bahan tersebut juga akan membuat kulit terasa lembut dan halus sepanjang hari. Hidrasi yang cukup juga membantu menjaga elastisitas alami kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan yang merupakan tanda penuaan dini.

2. Melindungi Kulit

Body lotion memperkuat barrier alami kulit dari agresor eksternal seperti polusi, kondisi cuaca yang tidak menentu, serta radiasi UV. Dengan mempertahankan kesehatan barrier kulit, body lotion membantu kulit tetap lembab dan melindungi dari iritasi.
Dengan demikian, efek jangka panjangnya adalah berupa menurunnya risiko sensitivitas dan peradangan kulit.

3. Memberikan Gizi dan Nutrisi pada Kulit

Banyak body lotion yang diperkaya dengan vitamin esensial, mineral, dan antioksidan, yang bisa menutrisi kulit hingga pada tingkat sel. Nutrisi ini bekerja untuk memperbaiki sel kulit yang rusak, meningkatkan regenerasi kulit, dan mencegah efek penuaan dini.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh, vitamin E yang ditemukan di beberapa lotion bisa menawarkan sifat anti-penuaan dini yang sangat baik, sedangkan vitamin C berperan dalam membantu mencerahkan warna kulit.

4. Memberikan Efek Menenangkan

Body lotion dapat menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi atau kemerahan. Hal ini menjadikan body lotion menjadi solusi ideal untuk individu dengan kondisi kulit eksim atau psoriasis.
Sifat emolien body lotion membantu menenangkan peradangan dan mengurangi rasa gatal. Efek yang ditimbulkan adalah berupa kelegaan dan kenyamanan yang sangat dibutuhkan para pemilik kondisi kulit iritasi.

5. Mencerahkan Warna Kulit

Menggunakan body lotion secara teratur dapat meningkatkan warna kulit secara keseluruhan. Dengan menjaga hidrasi dan regenerasi sel, body lotion dapat meratakan warna kulit dan mengurangi munculnya hiperpigmentasi, bekas luka, hingga bintik hitam.
ADVERTISEMENT
Dengan penggunaan body lotion secara konsisten, kulit tubuh akan terlihat lebih bercahaya dan juga lebih sehat.

6. Memberikan Efek Relaksasi dan Aromaterapi

Banyak body lotion yang mengandung aroma menenangkan, seperti lavendel, kamomil, atau jeruk, yang dapat memberi dampak positif pada suasana hati dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Mengoleskan body lotion bisa menjadi ritual yang menenangkan, serta memungkinkan untuk melepas lelah dan menghilangkan stres di penghujung hari yang panjang.
Manfaat body lotion pada rangkaian perawatan kulit harian adalah cara sederhana namun ampuh untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Dari memberikan hidrasi yang dalam hingga menawarkan perlindungan terhadap elemen eksternal. (REY)