6 Pantun Penutup Acara Menarik

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
8 Mei 2024 16:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pantun penutup acara. Sumber: Pexels / Suzy Hazelwood
zoom-in-whitePerbesar
Pantun penutup acara. Sumber: Pexels / Suzy Hazelwood
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penutup acara adalah momen yang penting dalam memberikan kesan yang positif. Oleh sebab itu, perlu adanya pantun penutup acara menarik yang bisa digunakan untuk mengakhiri acara dengan kesan menarik.
ADVERTISEMENT
Pantun sebagai karya sastra yang bisa digunakan untuk momen apapun. Penggunaan pantun sebagai penutup acara agar peserta tidak merasa bosan.

Contoh Pantun Penutup Acara

Pantun penutup acara. Sumber: Pexels / Suzy Hazelwood
Dikutip dari buku Kamus Lengkap Pantun Indonesia Kamus Pantun Paling Lengkap yang Pernah Ada, Agus Priyanti (2014:7), pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang dikenal melalui bahasa-bahasa nusantara.
Pantun secara umum terdiri dari empat baris dan setiap barisnya terdapat 8-12 suku kata. Keunikan dari pantun adalah sajak akhirnya selalu dengan pola yang sama seperti a-b-a-b.
Bagian dalam pantun terbagi menjadi dua bagian yaitu sampiran dan isi. Pada dua baris pertama menjadi bagian sampiran dan dua baris terakhir merupakan bagian isi atau tujuan dari dibuatnya pantun tersebut.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya penjelasan tersebut, maka perlu adanya contoh mengenai pantun penutup acara yang menarik. Berikut ini, beberapa pantun penutup acara yang bisa digunakan atau menjadi referensi.

Pantun 1

Pantun 2

Pantun 3

Pantun 4

Pantun 5

Pantun 6

ADVERTISEMENT
Contoh pantun penutup acara di atas dapat digunakan dalam berbagai acara. Namun, pantun di atas juga harus disesuaikan dengan kondisi dan momen acara tersebut. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi. (RFL)