6 Pertanyaan Tentang Mandi Wajib Setelah Haid beserta Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
28 Maret 2024 13:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pertanyaan tentang mandi wajib. Sumber: Pixabay/Tumisu
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pertanyaan tentang mandi wajib. Sumber: Pixabay/Tumisu
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pertanyaan tentang mandi wajib setelah haid beserta jawabannya bisa mengedukasi anak remaja yang masih bingung dengan hal tersebut. Pertanyaan ini dapat berupa hukum, bacaan niat, waktu, hingga tata cara mandi wajib setelah haid.
ADVERTISEMENT
Mandi wajib merupakan membersihkan diri dengan air sesuai ketentuan tertentu berdasarkan syariat yang berlaku. Dalam mandi wajib terdapat sejumlah rukun yang harus dipenuhi. Jika terdapat salah satu rukun yang terlewat, maka mandinya tidak sah.

Pertanyaan Tentang Mandi Wajib Setelah Haid

Ilustrasi pertanyaan tentang mandi wajib. Sumber: Pixabay/Josethestoryteller
Dikutip dalam buku Fikih untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 4 oleh Drs. H. Abdus Shobur, M.Ag (2020:37) haid secara bahasa artinya mengalir. Sedangkan haid menurut istilah adalah darah yang dikeluarkan oleh rahim wanita yang telah balig, bukan penyakit, tidak sedang hamil, dan belum mencapai usia menopause.
Setelah darah tersebut tidak keluar lagi maka mandi wajib setelah haid bagi perempuan muslim harus dilakukan. Karena suci dari hadas kecil dan hadas besar merupakan salah satu syarat sah melaksanakan ibadah, seperti salat, puasa, membaca Al-Qur'an, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Untuk lebih mengetahui mengenai mandi wajib setelah haid, simak beberapa pertanyaan tentang mandi wajib setelah haid beserta jawabannya berikut ini.

1. Ketika Seseorang Perempuan Sudah Haid, Apakah Harus Mandi Wajib?

Jawabannya:
Benar. Setelah bersih dari haid merupakan salah satu sebab keharusan mandi wajib. Hal ini berdasarkan perintah Rasul saw. Dalam sebuah riwayat HR Bukhari dan Muslim yaitu:

2. Kenapa Wanita Harus Mandi Wajib Setelah Haid?

Jawabannya:
Saat wanita berada dalam kondisi haid tubuhnya akan kotor dan tidak suci. Sehingga setelah selesai haid wanita harus melakukan mandi wajib atau disebut juga mandi besar untuk menghilangkan hadas atau najis besar tersebut.

3. Kapan Mandi Wajib Setelah Haid Dilakukan?

Jawabannya:
Setidaknya, ada dua tanda bahwa masa haid telah selesai dan sudah memasuki masa suci. Pertama, darah haid sudah berhenti, sehingga ketika meletakkan kapas di tempat haid keluar, tidak ada darah yang menempel. Kedua, muncul cairan bening dari tempat keluarnya haid.
ADVERTISEMENT

4. Apa Doa Mandi Wajib Setelah Haid?

Jawabannya:
Doa yang bisa dilafalkan adalah doa yang dibaca sebagai bagian dari niat mandi wajib. Adapun niat mandi wajib setelah haid yaitu:
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ مِنَ الحَيْضِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal haidi fardhan lillahi ta’aala
Artinya: “Aku niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar disebabkan haid karena Allah ta’ala.”

5. Bagaimana Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam?

Jawabannya:
Tata cara mandi wajib setelah haid sesuai syariat yang dapat dijadikan panduan yaitu:
ADVERTISEMENT

6. Apa Hukumnya Jika Seorang Perempuan yang Telah Selesai Haid Melaksanakan Salat Tetapi Belum Mandi Wajib?

Jawabannya:
Umat muslim yang sudah salat tapi belum menyucikan diri, harus mengulang salat dan memperbanyak istigfar. Dalam HR. Bukhari no. 6440 menjelaskan "Allah tidak menerima salat salah seorang di antara kalian jika berhadas hingga ia berwudu."
Itu tadi beberapa pertanyaan tentang mandi wajib setelah haid beserta jawabannya. Semoga ulasan di atas dapat membantu pembaca yang masih kebingungan tentang hal mandi wajib tersebut. (MRZ)