7 Contoh Cinderamata untuk Sekolah

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
6 April 2024 16:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Cinderamata untuk Sekolah. Sumber: Pexels/Rachel Claire
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Cinderamata untuk Sekolah. Sumber: Pexels/Rachel Claire
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cinderamata adalah hadiah atau suvenir kecil yang diberikan sebagai tanda penghargaan, kenang-kenangan, atau sebagai ungkapan terima kasih kepada seseorang. Terdapat berbagai contoh cinderamata untuk sekolah yang dapat diberikan untuk guru maupun staf di sekolah.
ADVERTISEMENT
Cinderamata sering kali diberikan dalam acara-acara tertentu, seperti perayaan ulang tahun, pernikahan, acara perusahaan, atau sebagai hadiah penghargaan untuk prestasi tertentu. Tujuannya untuk memberikan kenangan yang berarti.

Contoh Cinderamata untuk Sekolah

Ilustrasi Contoh Cinderamata untuk Sekolah. Sumber Pexels/Sanketh Rao
Mengutip Geografi: Membuka Cakrawala Dunia, Bambang Utoyo (2009:102), buku cinderamata dapat disebut juga sebagai souvenir. Ada berbagai contoh cinderamata untuk sekolah terutama untuk diberikan sebagai kenang-kenangan.
Cinderamata dapat berupa berbagai macam barang atau produk, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih mewah. Beberapa contoh cinderamata yang umum meliputi mug atau gantungan kunci. Berikut beberapa contoh lain cinderamata untuk sekolah.

1. Buku Kenangan

Buku kenangan berisi foto-foto dan cerita-cerita dari siswa, guru, dan staf sekolah bisa menjadi cinderamata yang istimewa. Siswa dapat mengumpulkan gambar dan meminta kontribusi tulisan dari anggota komunitas sekolah untuk membuat buku yang berkesan.
ADVERTISEMENT

2. Album Foto

Album foto yang berisi kenangan dan momen-momen berharga selama masa sekolah bisa menjadi cinderamata yang indah. Siswa dapat menambahkan catatan atau ucapan terima kasih di dalamnya untuk memberikan sentuhan personal.

3. Plakat Penghargaan

Plakat dengan tulisan terima kasih dan logo sekolah yang dipahat atau dicetak di atasnya merupakan cinderamata yang biasa diberikan kepada sekolah. Ini adalah cara yang bagus untuk menghargai kontribusi sekolah dalam kesuksesan siswa atau acara tertentu.

4. Gantungan Kunci

Cinderamata untuk sekolah yang paling mudah dibuat, yakni gantungan kunci berlogo sekolah ataupun gambar ikonik yang berhubungan dengan sekolahan. Gantungan kunci dengan desain yang menarik dan mencantumkan logo atau nama sekolah merupakan cinderamata yang praktis dan bisa digunakan sehari-hari.

5. Mug Sekolah

Mug dengan logo atau gambar ikonik sekolah bisa menjadi cinderamata yang bisa digunakan untuk minum atau sebagai pajangan di rumah. Harganya pun cukup terjangkau dan dapat disesuaikan dengan keinginan.
ADVERTISEMENT

6. Kalender Dinding Sekolah

Kalender dinding yang menampilkan foto-foto atau ilustrasi dari kegiatan sekolah, dengan tanggal-tanggal penting seperti libur sekolah dan acara-acara khusus.

7. Bingkai Foto Sekolah

Bingkai foto yang menampilkan foto-foto kenangan dari kegiatan sekolah, diberikan kepada siswa atau staf sebagai kenang-kenangan.
Itulah berbagai contoh cinderamata untuk sekolah. Cinderamata ini tidak hanya menjadi kenang-kenangan bagi siswa atau pengunjung sekolah, tetapi juga dapat mempromosikan semangat sekolah dan meningkatkan rasa bangga terhadap institusi pendidikan tersebut. (BAI)