7 Contoh Perilaku Al-Quddus dalam Kehidupan Sehari-hari

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
11 Maret 2024 16:15 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Perilaku Al-Quddus. Sumber: Pexels/Haydan As Soendawy
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Perilaku Al-Quddus. Sumber: Pexels/Haydan As Soendawy
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Allah memiliki 99 sifat atau nama yang disebut dengan Asmaul Husna. Salah satu contoh perilaku Al-Quddus adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan, baik fisik maupun kebersihan hati yang berarti menghindari sifat-sifat buruk.
ADVERTISEMENT
Menginternalisasi sifat Al-Quddus dalam kehidupan sehari-hari berarti mencoba untuk menjalani kehidupan dengan kesucian, keadilan, dan kebenaran. Oleh karenanya, penting untuk dapat mengamalkan perilaku Al-Quddus dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Perilaku Al-Quddus

Ilustrasi Contoh Perilaku Al-Quddus. Sumber: Pexels/SHVETS Production
Mengutip buku 99 Langkah Menuju Berkah, Febrina Arisha (2020:27), Al-Quddus adalah salah satu nama atau sifat Allah Swt. dalam Asmaul Husna. Ada banyak contoh perilaku Al-Quddus yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Arti Al-Quddus dalam bahasa Indonesia adalah Mahasuci. Allah memiliki nama Al-Quddus berarti Allah suci dari segala kekurangan dan keburukan yang biasanya dimiliki oleh manusia. Berikut adalah beberapa contoh perilaku yang mencerminkan Al-Quddus.

1. Menjaga Kebersihan

Merawat kebersihan diri, lingkungan, dan tempat tinggal merupakan tindakan yang mencerminkan sifat Al-Quddus. Membersihkan diri secara fisik, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan memastikan bahwa tempat tinggal dan tempat kerja bersih serta membuang sampah pada tempatnya.
ADVERTISEMENT

2. Menjauhi Dari Perilaku Buruk

Meninggalkan perilaku dan tindakan yang tidak menyucikan, seperti berbohong, mencuri, menyakiti orang lain, atau terlibat dalam aktivitas yang bertentangan dengan ajaran agama. Menghindari perilaku buruk dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai moral dan etika Islam adalah cara untuk mencerminkan keagungan Al-Quddus.

3. Beribadah dengan Khidmat

Melaksanakan ibadah secara ikhlas dan penuh kekhusyukan, baik dalam shalat, puasa, zakat, maupun ibadah-ibadah lainnya. Menunjukkan pengabdian dan rasa hormat yang tulus kepada Allah Swt. adalah wujud dari penghayatan atas sifat Al-Quddus.

4. Menghormati Orang Lain

Menunjukkan perilaku yang baik dan etis dalam interaksi dengan orang lain, seperti menghormati orang tua, menyayangi anak-anak, membantu sesama, dan memberikan dukungan kepada yang membutuhkan.

5. Menjaga Kesucian Hati

Mengisi hati dan pikiran dengan pemikiran yang bersih, penuh kasih sayang, dan positif. Menjauhkan diri dari pikiran-pikiran negatif, iri hati, dan prasangka adalah tindakan yang mencerminkan kesucian hati, sifat yang ditunjukkan oleh Al-Quddus.
ADVERTISEMENT

6. Berlaku Adil

Berlaku adil dengan menyikapi semua orang dengan adil tanpa memandang suku, ras, atau agama. Selain itu, memberikan hak-hak dan perlakuan yang sama kepada semua orang juga merupakan salah satu contoh sikap Al-Quddus.

7. Menghargai Karya-Karya Allah

Menunjukkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah, baik berupa alam semesta maupun kehidupan sehari-hari. Serta berusaha menjaga kelestarian alam dan lingkungan.
Itulah beberapa contoh perilaku Al-Quddus yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meneladani Al-Quddus, seseorang dapat senantiasa menjaga setiap perkataan dan perbuatannya. (BAI)