Konten dari Pengguna

7 Manfaat Flaxseed bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
10 Juli 2023 10:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Flaxseed. Sumber: Pexels/ Vie Studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Flaxseed. Sumber: Pexels/ Vie Studio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Flaxseed yang sering disebut biji rami merupakan salah satu tanaman tertua di dunia. Bijinya berukuran kecil, berwarna coklat, dan ada juga yang keemasan. Manfaat flaxseed cukup banyak untuk tubuh kita.
ADVERTISEMENT
Untuk mengonsumsinya, kini biji dengan segudang manfaat itu tersedia dalam bentuk biji-bijian, minyak, bubuk, dan tepung. Sebaiknya flaxseed digiling atau ditumbuk dulu agar lebih mudah dicerna tubuh.

Manfaat Flaxseed Bagi Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Flaxseed. Sumber: Pexels/Juliano Couto
Orang Mesir kuno memakai flaxseed untuk makanan dan obat. Flaxseed adalah biji dari tanaman Flax, yang dikenal juga dengan nama biji rami. Rasa biji-bijian ini menyerupai rasa biji wijen yaitu gurih dan renyah.
Menurut buku Green Smoothie: Kiat Sehat, Tangkal Penyakit, sekaligus Awet Muda oleh Andang W. Gunawan (2016:17) flaxseed merupakan biji-bijian kuno zaman Babilonia. Kandungannya antara lain antioksidan polifenol, asam lemak omega-3, dan serat.
Banyak orang belum mengetahui tentang manfaat biji-bijian kuno ini. Berikut manfaat flaxseed bagi kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT

1. Memperbaiki Pencernaan

Serat yang ditemukan pada kulit biji rami mempunyai manfaat mengikat kolesterol di usus dan mencegah untuk diserap usus. Sehingga pencernaan tidak terganggu oleh kolesterol.

2. Menyehatkan Organ Jantung

Omega-3 pada biji rami membantu mencegah pengerasan pembuluh darah dan menjaga agar plak tidak disimpan di arteri sebagian dengan menjaga sel darah putih menempel pada lapisan dalam pembuluh darah.

3. Mencegah Peradangan

Dua kandungan dalam biji-bijian ini yaitu asam alfa-linolenat (ALA) dan lignan, dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu. ALA telah terbukti mengurangi reaksi peradangan pada tubuh.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat flaxseed dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Biji-bijian kaya manfaat ini memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara , kanker prostat , dan kanker usus besar.

5. Mengurangi Berat Badan

Serat pada flaxseed dipercaya menekan nafsu makan. Sehingga banyak yang mengonsumsi biji-bijian ini sebelum makan atau sebagai campuran dalam makanan. Hal ini menjadikan flaxseed sebagai pilihan makanan sehat.
ADVERTISEMENT

6. Mengurangi Gejala Menopause

Sebagian wanita sebelum mengalami menopause akan merasakan sensasi panas di beberapa bagian tubuh atas dan bawah, bahkan hingga berkeringat. Hal ini biasa disebut Hot flashes, gejala ini dirasa lebih ringan jika rutin mengonsumsi flaxseed.

7. Menyehatkan Kulit

Kandungan ALA (asam alfa-linolenat) pada flaxseed oil dapat mengurangi masalah pada kulit. Kesehatan kulit akan terjaga dan kulit pun akan lebih halus.
Manfaat flaxseed dapat dirasakan ketika rutin mengonsumsinya. Flaxseed harus dikonsumsi dengan cara yang benar, dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahlinya. (DVA)