Konten dari Pengguna

7 Manfaat Kultur Jaringan Tumbuhan dalam Ilmu Biologi

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
19 September 2023 18:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Kultur Jaringan. Sumber: Pixabay/kennethr
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Kultur Jaringan. Sumber: Pixabay/kennethr
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat sejumlah manfaat kultur jaringan bagi tumbuhan. Bahkan kultur jaringan sangat membantu perkembangan industri pertanian secara keseluruhan dan memberikan banyak manfaat untuk manusia.
ADVERTISEMENT
Kultur jaringan sebenarnya baru banyak dilakukan di Indonesia sejak akhir tahun 1970-an. Meski memerlukan teknologi yang canggih dan membutuhkan biaya yang tinggi, kultur jaringan memiliki manfaat yang sangat besar.

7 Manfaat Kultur Jaringan Tumbuhan

Ilustrasi Manfaat Kultur Jaringan. Sumber: Pixabay/kennethr
Sebelum mengetahui manfaat kultur jaringan, sebaiknya pahami lebih dulu tentang pengertian kultur jaringan.
Dikutip dari buku Praktis Belajar Biologi untuk Kelas XI, Ferdinan dan Ariebowo (2007:33), kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengambil atau mengisolasi bagian tumbuhan tertentu serta menumbuhkannya dalam kondisi bebas hama dan penyakit.
Beberapa bagian tumbuhan yang sering diambil untuk kultur jaringan di antaranya protoplasma, sel, sekelompok sel, jaringan dari tanaman. Adapun sifat tanaman hasil dari kultur jaringan akan sama seperti induknya.
Umumnya, kultur jaringan dilakukan dengan cara mengisolasi bagian tanaman. Kemudian menumbuhkan bagian tersebut ke dalam media buatan yang bebas hama dan penyakit, kaya akan nutrisi, serta mengandung zat pengatur tumbuh.
ADVERTISEMENT
Proses tersebut berlangsung di dalam wadah tertutup yang tembus cahaya. Hal ini agar bagian-bagian tersebut memperbanyak diri dan beregenerasi kembali menjadi tanaman lengkap.
Agar pertumbuhan bibit secara kultur jaringan berlangsung lebih mudah, sebaiknya sel yang diambil berasal dari bagian meristem atau bagian tanaman yang masih muda karena memiliki sifat pertumbuhan yang lebih agresif. Misalnya, bagian yang diambil dari daun muda, ujung akar, ujung batang, dan keping biji.
Setidaknya terdapat 7 manfaat kultur jaringan bagi tumbuhan. Berikut di antaranya:
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai manfaat kultur jaringan tumbuhan dalam ilmu biologi beserta penjelasan singkatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan seputar kultur jaringan. (YAS)