8 Perbedaan Produk Barang dan Jasa dalam Bisnis

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
29 Februari 2024 17:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perbedaan produk barang dan jasa. Sumber foto: pixabay/Mediamodifier
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan produk barang dan jasa. Sumber foto: pixabay/Mediamodifier
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perbedaan barang dan jasa (goods and service) dapat dilihat dari berbagai aspek. Salah satu perbedaannya yaitu barang mempunyai wujud fisik sedangkan jasa tidak.
ADVERTISEMENT
Barang dan jasa merupakan komponen penting dalam kegiatan ekonomi. Pasalnya, kedua elemen ini berperan penting untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan.

Perbedaan Produk Barang dan Jasa

Ilustrasi perbedaan produk barang dan jasa. Sumber foto: pixabay/StartupStockPhotos
Dalam bisnis, barang dan jasa seringkali ditawarkan kepada pelanggan. Meskipun keduanya, memiliki persamaan karena selalu dibutuhkan untuk mencukupi keperluan harian manusia. Namun, ada banyak hal yang dapat menunjukkan perbedaan antara barang dengan jasa.
Maka dari itu, di bawah ini adalah perbedaan produk barang dan jasa yang perlu dipahami berdasarkan Dasar-dasar Pengindraan Jauh Dan Aplikasinya Pada Bidang Pertanian, Arif Faisol, (2019:4-5).

1. Jenis

Barang ialah jenis produk atau komoditas yang siap dibeli oleh konsumen dengan harga tertentu, sedangkan jasa adalah fasilitas berupa layanan yang disediakan oleh pihak lain.
ADVERTISEMENT

2. Wujud

Barang adalah sesuatu yang tangiable atau berwujud sehingga dapat dilihat dan disentuh. Sementara itu jasa sebagai produk yang tidak berwujud (intangiable).

3. Kepemilikan

Ketika seseorang melakukan transaksi dengan membeli barang dengan harga tertentu, maka kepemilikan barang akan berpindah tangan dari penjual ke pembeli. Sebaliknya, pada produk jasa kepemilikan tidak dapat dipindahtangankan.

4. Proses Evaluasi

Sulit untuk melakukan evaluasi terhadap jasa atau layanan karena setiap penyedia layanan memiliki pendekatan yang berbeda dalam melaksanakan layanan sehingga sulit untuk menilai layanan mana yang lebih baik. Sedangkan evaluasi terhadap barang relatif lebih mudah untuk dilakukan.

5. Pengembalian

Jika tidak sesuai dengan keinginan, suatu barang dapat dikembalikan ataupun ditukar. Namun berbeda dengan jasa yang tidak mungkin untuk dikembalikan apabila telah disediakan.
ADVERTISEMENT

6. Penyimpanan

Barang bisa disimpan untuk digunakan di masa mendatang, tetapi jasa tidak dapat disimpan sebagai persediaan karena sifatnya sangat terikat pada waktu.

7. Tahap Produksi

Produk barang melalui rangkaian tahap produksi terlebih dahulu untuk kemudian diperdagangkan dan akhirnya dikonsumsi. Sementara jasa hanya bisa diproduksi dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan.

8. Penyediaan

Setelah menjadi produk jadi, barang dapat dipisahkan dengan alat produksinya, sedangkan jasa tidak dapat terpisahkan dari penyedianya.
Perbedaan barang dan jasa termasuk pembahasan yang penting diketahui sebelum menentukan jenis usaha yang akan digeluti. Dengan begitu, pembaca dapat lebih mudah untuk menjalankan sistem manajemen dan operasional sesuai dengan jenis bisnis yang dipilih. (Riyana)