9 Contoh Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari

Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
20 September 2023 8:17
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh artificial intelligence. Sumber: Unsplash/Hitesh Choudhary
ADVERTISEMENT
Artificial intelligence saat ini, telah menjadi salah satu bidang yang semakin berkembang dan menarik perhatian orang. Contoh artificial intelligence dapat ditemukan dalam berbagai aplikasi seperti media sosial, aplikasi belanja, game online, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Artificial intelligence dapat disebut dengan kecerdasan buatan yang dapat mencangkup pengembangan serta penerapan teknologi yang memungkinkan mesin untuk meniru sebuah kemampuan serta perilaku manusia.

Mengenal Artificial Intelligence

Mengenal artificial intelligence. Sumber: Unsplash/Andy Kelly
Dikutip dalam buku Artificial Intelligence : Konsep Dasar Dan Kajian Praktis oleh Aisyah Mutia Dawis, Irfan Sophan Himawan, Ratnadewi, dkk (2022:15) kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga dengan intelegensi artifisial (AI).
Konsep dasar dari artificial intelegence melibatkan pemodelan sebuah komputasional terhadap kemampuan kognitif manusia, seperti pemrosesan bahan alami, pengenalan wajah, penalaran logis, serta pengambilan keputusan.
Tujuan utama dari pembuatan dan perkembangan artificial intelligence ialah untuk menciptakan sistem yang mempunyai kemampuan dalam melaksanakan tugas yang pada umumnya dilakukan oleh manusia.
ADVERTISEMENT

Contoh Artificial Intelligence

Ilustrasi contoh artificial intelligenci. Sumber: Unsplash/Alex Knight
Artificial intelligence sebenarnya sering digunakan dalam kehidupan sehari -hari. Namun banyak orang yang tidak menyadari akan hal ini. Berikut contoh penerapan artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari.

1. Media Sosial

Artificial intelligence pada media sosial berperan dalam mempersonalisasi feed penggunanya, seperti memberikan friend suggestion, mengidentifikasi dan melakukan filtering terhadap berita bohong, dan mencegah cyberbullying.

2. Game Online

Kecerdasan buatan artificial intelligence sudah lama diterapkan pada permainan video game. Teknologi tersebut mampu menyajikan pengalaman menantang untuk para gamer, seperti Non-Playable Characters (NPC).
Selain itu adanya Procedural Content Generation yang secara otomatis membuat game environment baru dan player experience modeling untuk melakukan balancing dinamis terhadap tingkat kesulitan gameplay berdasarkan skill si pemain.

3. Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi transportasi online seperti Gojek, Grab atau Maxim ternyata juga memanfaatkan teknologi AI untuk memudahkan penggunaannya. Teknologi AI berperan untuk mengelola interaksi user.
ADVERTISEMENT
Contoh implekasi AI dalam aplikasi ini misalnya saat memasang layanan ojek online, seseorang akan menerima notifikasi yang menunjukan posisi driver ojek hingga perkiraan waktu tunggu.

4. Aplikasi Belanja Online

Tujuan implementasi AI dalam aplikasi belanja online atau e-commerce yaitu memudahkan penggunannya untuk menemukan produk sesuai minatnya.
Contoh cara kerja AI dalam aplikasi ini yaitu mengumpulkan data produk yang banyak dicari pelanggan. Kemudian data tersebut berfungsi untuk memprediksi pembelian untuk menciptakan pengalaman yang berpusat pada pelanggan.

5. Aplikasi M-banking

Teknologi AI dalam aplikasi M-banking berperan memberikan peringatan saat saldonya kurang atau saat nasabah membeli barang menggunakan kartu kredit. AI akan memberikan notifikasi untuk melakukan verifikasi terhadap pembelian.

6. Search Engine

Kemampuan search engine menyajikan website yang relevan tidak akan bisa tanpa bantuan AI. Teknologi AI pada mesin pencari Google memiliki kemampuan predictive search.
ADVERTISEMENT
Misalnya, ketika seseorang memasukkan sebuah keyword sistem tersebut akan secara otomatis merekomendasi informasi relevan yang memudahkan pengguna melakukan pencarian.

7. Chat GPT

Chat Generative Pre-training Transformer (GPT) adalah sistem kecerdasan buatan dalam hal percakapan berbasis teks. Pengguna cukup memasukkan pertanyaan, kemudian sistem AI pada Chat GPT akan memberikan jawaban yang sesuai dan relevan.
Penerapan teknologi AI ini semakin populer dalam mempermudah berbagai pekerjaan terkait bisnis, termasuk copywriting dan layanan pelanggan.

8. Aplikasi Musik dan Film Berlangganan

Aplikasi musik seperti Spotify, Pandora, atau Netflix memiliki fitur khusus yang memberikan rekomendasi judul musik atau film sesuai minat atau tontonan pengguna sebelumnya. Teknologi AI membuat rekomendasi tersebut berdasarkan algoritma khusus.
Contoh artificial intelligence ini akan mendeteksi sebuah lagu dengan vokal dinamis, petikan gitar akustik pada kunci nada rendah. Setelah memutar lagu dengan karakteristik tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi lagu lain dengan karakteristik serupa.
ADVERTISEMENT

9. Asisten Virtual

Sistem kerja AI pada asisten virtual yaitu, teknologi ini akan mendeteksi suara pengguna, kemudian akan mengumpulkan informasi terkait dan mengungkapkannya lewat pesan suara persis seperti seorang asisten pribadi.
Contoh asisten virtual yaitu Siri, Google Now atau Cortana. ketiganya adalah asisten virtual pada perangkat iOS, Android, dan Windows Mobile.
Tidak dapat dipungkiri bahwa contoh artificial intelligence yang bermunculan dalam kehidupan sehari-hari saat ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi yang kian maju. (MRZ)