Alasan Mengapa Pidato Harus Memberikan Informasi yang Menarik bagi Audiens

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
21 Mei 2024 13:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa pidato harus dapat memberikan informasi menarik bagi audiens. Sumber: Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa pidato harus dapat memberikan informasi menarik bagi audiens. Sumber: Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pidato merupakan penyampaian ide, gagasan, hingga berbagai macam jenis informasi. Lalu mengapa pidato harus dapat memberikan informasi menarik bagi audiens? Sebab, ketertarikan berkaitan dengan keinginan untuk menyimak pesan yang disampaikan.
ADVERTISEMENT
Tidak mudah untuk membawakan pidato, hal ini perlu kemampuan public speaking yang baik sehingga audiens mudah memahami dan akan menyimak sampai akhir isi dari pidato tersebut.

Mengapa Pidato Harus Dapat Memberikan Informasi yang Menarik Bagi Audiens?

Ilustrasi mengapa pidato harus dapat memberikan informasi menarik bagi audiens. Sumber: Pexels/Pavel Danilyuk
Sebelum membahas tentang informasi pidato, sebaiknya memahami dahulu pengertiannya. Menurut buku Bahasa Indonesia (Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah), Ahsanul Anam (2023:128) pidato adalah sebuah kegiatan berbicara atau berorasi untuk menyampaikan pendapat atau memberikan gambaran tentang suatu hal ditujukan untuk orang banyak.
Jadi inilah beberapa alasan mengapa pidato harus dapat memberikan informasi yang menarik bagi audiens.

1. Audiens Dapat Menerima Pesan

Ketika pidato disampaikan secara menarik, maka penonton atau audiens akan memiliki keinginan untuk mendengarkan dan menyimak mulai dari awal hingga akhir pidato. Maka dengan begitu, pesan yang disampaikan oleh pembicara akan tersampaikan dengan baik.
ADVERTISEMENT

2. Memengaruhi Audiens

Pidato yang disampaikan dengan tepat dan menarik, akan membuat audiens menerima pesan di dalamnya, kemudian mereka akan terpengaruh untuk melakukan tindakan atau sesuatu sesuai dengan informasi dan pesan yang disampaikan. Sebagai contoh pidato tentang penghijauan, maka audiens akan melakukan upaya untuk lingkungan seperti menanam pohon, melindungi hutan, dan lain-lainnya.

3. Membangkitkan Suasana

Penyampaian akan menciptakan suasana baik antara pembicara dan audiens. Suasana kekeluargaan, bahagia, hingga kesedihan. Hal ini dapat dirasakan sesuai dengan pesan pidato yang dibawakan.
Sebagai contoh, apabila ada pidato perpisahan maka isi yang dibawakan memuat perasaan sedih dan haru. Maka audiens jg akan merasakan perasaan tersebut sehingga terciptalah suasana haru dalam acara perpisahan.
Jadi mengapa pidato harus dapat memberikan informasi yang menarik bagi audiens? Karena audiens dapat menerina pesan dengan baik, terpengaruh melakukan sebuah tindakan, dan mulai tercipta suasana khusus sesuai dengan pidato yang dibawakan. (DVA)
ADVERTISEMENT