Apa yang Dimaksud dengan Motif Abstrak? Inilah Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 17:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan motif abstrak? Sumber foto: Unplash/Steve Johnson
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan motif abstrak? Sumber foto: Unplash/Steve Johnson
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa yang dimaksud dengan motif abstrak? Motif abstrak adalah motif yang tidak memiliki bentuk yang jelas atau tidak dapat dikenali. Bentuk abstrak ini digunakan untuk mengekspresikan emosi atau ide.
ADVERTISEMENT
Motif abstrak dapat dijumpai pada karya seni, baik karya seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi. Motif ini bisa juga ditemukan pada desain produk, seperti desain interior, poster, dan lain sebagainya.

Apa yang Dimaksud dengan Motif Abstrak?

Ilustrasi apa yang dimaksud dengan motif abstrak? Sumber foto: Unplash/Steve Johnson
Motif adalah desain yang dibuat dari bagian-bagian bentuk, berbagai macam garis atau elemen-elemen yang terkadang begitu kuat dipengaruhi oleh bentuk-bentuk stilasi alam benda dengan gaya dan ciri khas tersendiri.
Setiap motif dibuat dengan berbagai bentuk dasar atau berbagai macam garis. Secara garis besar motif ragam hias pada karya kerajinan dapat dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya motif abstrak.
Apa yang dimaksud dengan motif abstrak? Mengutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 3 Semester 2 oleh Uly Amalia (2021:147), motif abstrak adalah motif yang tidak menampilkan objek yang jelas. Bentuk motifnya bebas dan tidak beraturan. Umumnya, motif abstrak dapat ditemukan pada lukisan dan produk tekstil.
ADVERTISEMENT

Jenis-jenis Motif Abstrak

Ilustrasi jenis-jenis motif abstrak. Sumber foto: Unplash/Steve Johnson
Pembuatan motif abstrak dapat digunakan untuk mengekspresikan emosi atau ide. Inilah jenis-jenis motif abstrak berdasarkan bentuk dan teknik pembuatannya.

1. Warna

Motif abstrak pada warna biasanya dilakukan dengan mengombinasikan beberapa warna sehingga warna yang dihasilkan memiliki kesan yang kontras namun terlihat harmonis. Perpaduan antar warna ini bisa dijumpai dalam seni grafis, desain produk, maupun seni lukis.

2. Garis

Dalam kehidupan sehari-hari ada berbagai jenis garis yang biasa dipelajari dalam matematika. Gabungan beberapa garis mampu membentuk motif abstrak. Jika ingin melihat motif tersebut dapat melihat pada seni tekstil, seni lukis, maupun grafis.

3. Pola

Pada dasarnya pola-pola yang beragam jika dijadikan sebagai karya seni mampu membentuk motif abstrak. Motif tersebut akan memiliki kesan tersendiri bagi para seniman.
ADVERTISEMENT
Pola yang terdiri dari pola-pola geometris yang disusun secara tidak teratur atau berulang-ulang bisa ditemukan dalam desain pada kemasan produk atau seni tekstil.

4. Geometris

Motif abstrak geometris adalah bentuk geometris yang dibentuk dari gabungan beberapa bentuk dasar, seperti bola, kerucut, silinder dan lain sebagainya. Motif yang dapat digambar dari perpaduan bentuk-bentuk geometris tersebut sering ditemukan dalam produk abstrak dan produk modern.
Apa yang dimaksud dengan motif abstrak? Motif abstrak adalah motif yang dibuat dengan tidak menampakkan objek secara jelas. Umumnya, motif ini berasal dari gabungan bentuk-bentuk yang dibentuk secara proporsional. (NTA)