Apakah Ikan Tidur? Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 13:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah ikan tidur? Sumber foto: Pixabay/rschaubhut
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah ikan tidur? Sumber foto: Pixabay/rschaubhut
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tidur merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi sebagian besar makhluk hidup, termasuk manusia dan hewan. Lantas, apakah ikan tidur?
ADVERTISEMENT
Ikan (Pisces) merupakan hewan yang habitatnya berada di air. Hewan ini mempunyai cara adaptasi yang unik terhadap kondisi lingkungannya. Oleh karenanya, tidak heran apabila pertanyaan mengenai pola tidur ikan menarik untuk diketahui.

Apakah Ikan Tidur? Ini Penjelasannya

Ilustrasi apakah ikan tidur? Sumber foto: Pixabay/joakant
Apakah ikan tidur? Berdasarkan buku 500+ Fakta Paling Wow di Dunia, Mayang Sari, S.Si, (2011:36), tentu saja ikan perlu tidur. Jika tidak Ikan akan merasa lemas. Namun, cara hewan tidur bermacam-macam bentuknya.
Untuk lebih memahaminya, di bawah ini merupakan beberapa penjelasan mengenai cara tidur ikan yang dapat diketahui.

1. Tidur dengan tidak menutup mata

Tidak hanya manusia yang memerlukan tidur, ikan pun juga. Namun, menebak bahwa ikan itu tidur atau tidak termasuk aspek yang sulit. Pasalnya, pada kondisi tidur mata ikan akan tetap terbuka.
ADVERTISEMENT
Terjadinya hal tersebut disebabkan karena ikan tidak mempunyai kelopak mata. Jadi, hewan ini jelas tidak bisa memejamkan matanya. Meskipun demikian, terdapat beberapa jenis ikan yang memiliki kelopak mata, salah satunya yaitu spesies hiu.

2. Waktu tidur singkat

Ikan tidur dalam waktu yang amat singkat. Lantaran harus selalu waspada terhadap keadaan dan ancaman di sekelilingnya. Tidak hanya itu, untuk menjaga keseimbangannya, saat tertidur, ikan akan sedikit menggerakkan insang, sirip punggung, dan sirip ekor.

3. Tidak lelap

Sebenarnya ikan tidak benar-benar lelap ketika tidur. Posisinya pun bermacam-macam, seperti halnya bersembunyi dalam suatu tempat persembunyian, dan bertingkah seolah-olah ikan itu sudah mati

4. Mengurangi pergerakan

Berdasarkan buku Tahukah Kamu, Mengapa Kuda Tidur Berdiri? Plus Fakta Menarik Lainnya dari Dunia Binatang, Kak Adib, (2018: 73), sebenarnya tidur bagi Ikan adalah beristirahat dari aktivitas berenang.
ADVERTISEMENT
Ikan akan berdiam dan tidak bergerak aktif saat tidur. Tujuannya yaitu mengurangi pengeluaran energi dan metabolisme untuk kembali berenang dengan leluasa.
Jadi, apakah ikan tidur? Ya, pola tidur ini beragam antara spesies. Beberapa ikan memiliki adaptasi unik untuk tidur yaitu dengan mata terbuka dan tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Semoga dapat bermanfaat dan memperluas wawasan bagi pembaca. (Riyana).