Apakah Landak Mamalia? Ini Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 17:58 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustras Apakah Landak Mamalia?, foto:pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustras Apakah Landak Mamalia?, foto:pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah landak mamalia? Landak memiliki karakteristik khusus yaitu adanya kelenjar susu pada hewan betina yang menghasilkan susu untuk menyusui anaknya, sehingga hewan tersebut tergolong dalam mamalia.
ADVERTISEMENT
Mamalia merupakan kelas hewan yang menyusui dan terdapat pada sub filum vertebrata atau bertulang belakang. Sehingga hewan yang tergolong ke dalam mamalia akan berkembang biak dengan cara melahirkan.

Pengertian Hewan Mamalia

Ilustras Apakah Landak Mamalia?,foto;pexels
Hewan mamalia disebut juga dengan hewan menyusui karena mamalia menyusui anak-anaknya. Di mana susu yang dihasilkan berasal dari kelenjar susu yang terdapat pada hewan tersebut.
Sebagian besar hewan yang tergolong mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan. Selain itu juga memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan dengan jenis hewan lainnya. Adapun ciri-ciri hewan yang tergolong ke dalam mamalia adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

Apakah Landak Mamalia?

Ilustrasi Apakah Landak Mamalia?, foto:pexels
Apakah landak mamalia? Dikutip dari buku Ensiklopedia Mini Hewan, John dan Jon (2003:72), landak merupakan hewan mamalia, karena hewan tersebut berkembang biak dengan cara melahirkan. Di mana ciri tersebut merupakan salah satu ciri-ciri hewan yang tergolong ke dalam mamalia.
Dalam melakukan perkembangbiakan landak betina mampu mengandung sampai 4 ekor bayi setiap kehamilannya. Di mana setiap tahun seekor landak mampu hamil sebanyak 1 sampai 2 kali.
Sebelum malahirkan landak betina akan melakukan penggalian tanah dan membuat ruangan di dalam lubang. Lubang tersebut sebagai tempat tinggal sementara untuk anak-anak landak.
Selain itu landak juga memiliki kelenjar susu (kelenjar mammae). Di mana kelenjar tersebut mempunyai beberapa fungsi di antaranya, yaitu
ADVERTISEMENT
Sehingga ketika anak landak sudah lahir, maka akan mengonsumsi susu yang berasal dari kelenjar mammae pada induknya. Di mana anak landak tersebut akan tinggal bersama induknya selama lima bulan.
Meskipun pada usia 2 minggu setelah masa kelahiran anak landak sudah mampu mengunyah berbagai makanan jenis umbi-umbian.
Apakah landak mamalia? Landak merupakan hewan yang tergolong mamalia karena mempunyai ciri utama yaitu berkembang biak secara melahirkan dan memiliki kelenjar susu (kelenjar mammae). Sehingga anak-anak landak mendapat nutrisi pertama dari susu yang dihasilkan oleh kelenjar mammae. (PAM)
ADVERTISEMENT