Bagaimana Cara Kelelawar Mencari Makan? Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
1 Mei 2024 7:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bagaimana cara kelelawar mencari makan. Sumber: unsplash.com/IgamOgam.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bagaimana cara kelelawar mencari makan. Sumber: unsplash.com/IgamOgam.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaimana cara kelelawar mencari makan? Kelelawar diketahui beraktivitas di malam hari, sedangkan di siang hari menggantungkan diri di tempat tersembunyi. Tentu sulit mencari makan dalam gelap.
ADVERTISEMENT
Saat ini lampu sudah masuk hingga ke pelosok daerah. Namun ternyata kelelawar menyukai tempat-tempat gelap sehingga lampu bukan alat bantu kelelawar untuk mencari makanan.

Bagaimana Cara Kelelawar Mencari Makan?

Ilustrasi bagaimana cara kelelawar mencari makan. Sumber: unsplash.com/NilsBouillard.
Kelelawar merupakan hewan nokturnal yang beraktivitas di malam hari, termasuk untuk mencari makan. Kelelawar juga merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang dengan makanan utama berupa buah-buahan di atas pohon.
Meski mata kelelawar besar dan bulat, tapi penglihatan kelelawar tidak tajam. Namun itu tidak masalah, karena kelelawar dilengkapi dengan fungsi tubuh yang dapat beradaptasi dengan kondisi gelap dan telinga yang tajam.
Lalu, bagaimana cara kelelawar mencari makan? Dikutip dari Dunia IPA 6A untuk Kelas 6 Sekolah Dasar Semester Kedua, Panut dan Kawan-kawan (2007:2), kelelawar menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui letak makanannya, yang disebut ekolokasi.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah cara kelelawar mendapatkan makanan secara detail:
ADVERTISEMENT
Penjelasan tentang bagaimana cara kelelawar mencari makan di atas menunjukkan cara kerja yang mirip sistem sonar kapal selam. Sistem sonar menggunakan gelombang ultrasonik dengan mendeteksi gema yang dipantulkan dari benda-benda di dalam laut. (lus)