Konten dari Pengguna

Berapa Kali Terjadi Gerhana Bulan dalam Setahun? Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
2 April 2024 14:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi berapa kali terjadi gerhana bulan dalam setahun? Sumber foto: Pixabay/ELG21
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berapa kali terjadi gerhana bulan dalam setahun? Sumber foto: Pixabay/ELG21
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gerhana bulan adalah salah satu bentuk fenomena alam yang sudah tidak asing lagi terjadi. Fenomena gerhana tersebut hanya dapat berlangsung pada saat-saat tertentu saja. Lantas, berapa kali terjadi gerhana bulan dalam setahun?
ADVERTISEMENT
Gerhana bulan biasanya terjadi ketika fase bulan purnama. Kondisi ini disebabkan karena ukuran bumi yang lebih besar akan menutupi bulan.

Berapa Kali Terjadi Gerhana Bulan dalam Setahun?

Ilustrasi berapa kali terjadi gerhana bulan dalam setahun? Sumber foto: Pixabay/jplenio
Berapa kali terjadi gerhana bulan dalam setahun? Mengutip buku Ilmu Pengetahuan IPA Kelas 6 Sekolah Dasar Semester Kedua, Tim Sains Quadra, (2007:87), gerhana bulan hanya terjadi satu atau dua kali dalam setahun, yaitu pada malam hari di saat bulan bersinar utuh (bulan purnama).
Gerhana bulan selalu dimulai dengan gerhana bulan sebagian, gerhana bulan total, dan diakhiri dengan gerhana bulan sebagian lagi. Gerhana bulan sebagian berlangsung selama 120 menit, sedangkan gerhana bulan total terjadi sekitar 100 menit.
Terjadinya peristiwa gerhana bulan disebabkan oleh kedudukan bumi yang berada tepat satu garis lurus dengan matahari dan bulan. Agar lebih memahami hal tersebut, penjelasan mengenai proses terjadinya gerhana bulan adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

1. Posisi Sejajar

Bumi mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan matahari. Sehingga ketika matahari, Bumi, dan bulan berada pada posisi sejajar, maka bayangan inti bumi akan membentuk kerucut.

2. Bayangan Bumi

Wilayah yang dilewati oleh bayangan Bumi berubah menjadi sangat gelap. Bagian ini disebut disebut umbra. Sementara terdapat bayangan yang lebih terang dan termasuk bayangan tambahan yang dikenal sebagai penumbra.

3. Gerhana Bulan Sebagian

Apabila bulan berada tepat dalam desain (bayangan tambahan), keadaan tersebut membuat bulan terlihat samar-samar. Inilah yang akhirnya biasa disebut dengan peristiwa gerhana bulan sebagian.

4. Gerhana Bulan Total

Jika bulan terdapat di dalam umbra, maka bulan tidak akan kelihatan sama sekali. Itulah yang dinamakan dengan peristiwa gerhana bulan total.
ADVERTISEMENT
Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa, berapa kali terjadi gerhana bulan dalam setahun? Yaitu terjadi satu sampai dua kali. Dengan adanya informasi ini pembaca dapat semakin memperdalam pengetahuan tentang gerhana bulan dalam bidang astronomi. (Riyana)