Briket Batubara Terbuat dari Apa? Ini Jawabannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
29 Februari 2024 16:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Briket batubara terbuat dari apa. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/R C
zoom-in-whitePerbesar
Briket batubara terbuat dari apa. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/R C
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Briket batubara adalah salah satu bentuk bahan bakar padat yang terbuat dari batubara, sebuah sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Lantas, briket batubara terbuat dari apa?
ADVERTISEMENT
Proses pembuatan briket batubara melibatkan penggilingan batubara menjadi serbuk halus, kemudian mencampurkannya dengan beberapa bahan tambahan. Beberapa campuran yang sering digunakan antara lain adalah tanah liat dan tapioka.

Briket Batubara terbuat dari apa?

Briket batubara terbuat dari apa. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
Briket Batubara terbuat dari apa? Mengutip dari situs desdm.bantenprov.go.id, briket batubara adalah bahan bakar padat yang terbuat dari batubara dengan sedikit campuran seperti tanah liat dan tapioka.
Tanah liat berperan sebagai bahan perekat yang membantu menjaga kepadatan dan kekokohan briket, sementara tapioka atau tepung tapioka sering digunakan sebagai agen pengikat tambahan yang membantu proses pembentukan briket.
Campuran ini berperan penting dalam memastikan briket batubara memiliki kualitas dan karakteristik yang diinginkan, seperti kekuatan, daya bakar, dan kemudahan dalam proses penggunaannya.
ADVERTISEMENT
Penggunaan tanah liat dalam pembuatan briket batubara tidak hanya berfungsi sebagai bahan perekat, tetapi juga membantu mengurangi kelembaban yang ada dalam campuran, sehingga memperkuat daya rekat antara partikel-partikel batubara.
Sedangkan penggunaan tapioka atau tepung tapioka memberikan kontribusi dalam meningkatkan elastisitas dan kekakuan briket, sehingga memudahkan dalam proses pembentukan dan transportasi.
Kombinasi antara batubara, tanah liat, dan tapioka dalam pembuatan briket batubara dapat terciptanya produk akhir yang memiliki performa yang baik serta ramah lingkungan.
Dengan keunggulan sebagai bahan bakar alternatif yang lebih murah dan ramah lingkungan, briket batubara menjadi pilihan yang menarik untuk mengurangi ketergantungan pada minyak tanah dan bahan bakar fosil lainnya.
Selain itu, penggunaan bahan-bahan tambahan seperti tanah liat dan tapioka dalam proses pembuatannya juga memberikan nilai tambah tersendiri dalam hal keberlanjutan dan efisiensi produksi.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, pemahaman akan komposisi dan proses pembuatan briket batubara, termasuk campuran bahan tambahan seperti tanah liat dan tapioka, menjadi kunci dalam mengembangkan teknologi produksi yang lebih ramah lingkungan di masa depan.
Pengembangan dan pemanfaatan briket batubara yang menggunakan bahan alami seperti tanah liat dan tapioka dapat menjadi salah satu solusi yang relevan dan berkelanjutan. Demikian penjelasan dari pertanyaan, briket batubara terbuat dari apa? (ARR)