Konten dari Pengguna

Cara Menanggulangi Hujan Asam yang Wajib Diketahui

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
30 April 2024 10:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menanggulangi hujan asam. Sumber: unsplash.com/OsmanRana.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menanggulangi hujan asam. Sumber: unsplash.com/OsmanRana.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara menanggulangi hujan asam wajib diketahui karena dampaknya sangat serius. Salah satu tanda terjadinya hujan asam yang pernah diberitakan media adalah timbulnya bercak-bercak kehijauan pada patung-patung tembaga di Bandung pada tahun 2009.
ADVERTISEMENT
Jika dampaknya pada logam seperti itu, bayangkan jika terkena kulit manusia, hewan dan tumbuhan. Hujan adalah peristiwa alam yang ditunggu banyak orang. Namun di zaman sekarang, hujan juga harus diwaspadai.

Cara Menanggulangi Hujan Asam

Ilustrasi cara menanggulangi hujan asam. Sumber: unsplash.com/MikeKotsch.
Menurut BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), pH hujan ideal adalah 5,6-6. Sedangkan pH hujan asam 4,1-5,5, pH hujan asam tinggi 3-4 dan pH hujan asam ekstrem <3. Dari data hujan bulan Maret 2024, beberapa wilayah di Indonesia berada di bawah pH ideal.
Dikutip dari Ringkasan Materi dan Latihan Soal Kimia SMA/MAK Kelas X Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, Firdaus Khumar (2020:115), hujan asam disebabkan oleh banyaknya polutan di udara, yaitu SO₂, SO₃ dan NO₂.
Hujan asam mengakibatkan kerusakan alam, pengeroposan logam, kerusakan candi, kerusakan bangunan dan sebagainya sehingga harus dicegah.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah cara menanggulangi hujan asam yang wajib diketahui.
ADVERTISEMENT
Cara menanggulangi hujan asam bisa dilakukan dengan langkah sederhana maupun berteknologi tinggi. Masyarakat dapat mengambil peran sesuai dengan kapasitas masing-masing. (lus)