Cara Menjawab Jenis Pekerjaan yang Disukai saat Wawancara Kerja

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
28 Desember 2023 12:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis pekerjaan yang disukai. Sumber: Pexels/Alex Green
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis pekerjaan yang disukai. Sumber: Pexels/Alex Green
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pertanyaan mengenai jenis pekerjaan yang disukai sering menjadi salah satu pertanyaan andalan yang terlontar saat menghadapi wawancara kerja. Sebenarnya, tidak sulit dalam menjawab pertanyaan ini, karena pelamar dapat menjawabnya sesuai keinginan.
ADVERTISEMENT
Yang perlu diperhatikan apakah jawaban pelamar sudah tepat atau sudah membuat rekruter atau pewawancara puas. Untuk memastikan hal tersebut pelamar dapat mencari tahu contoh jawaban untuk menjawab pertanyaan jenis ini melalui internet.

Pengertian Wawancara Kerja

Ilustrasi jenis pekerjaan yang disukai. Sumber: Pexels/MART PRODUCTION
Wawancara kerja merupakan suatu tahapan yang sangat penting dan harus dilewati baik oleh calon karyawan (pelamar) maupun oleh pihak perusahaan (pewawancara). Wawancara kerja merupakan teknik seleksi yang sering digunakan.
Dalam buku 75 Cara Ampuh Lolos Wawancara Kerja oleh Dian K.P., M.Psi, (2008:2-3) wawancara kerja merupakan suatu percakapan formal dan mendalam yang melibatkan pertukaran informasi antara pihak perusahaan dengan calon karyawan yang akan berguna dalam menentukan apakah seorang calon karyawan akan lolos dalam seleksi atau tidak.
ADVERTISEMENT
Melalui wawancara kerja, pihak perusahaan dapat mempelajari karakter atau kepribadian calon karyawan. Sebaliknya, calon karyawan dapat mempelajari seperti apa perushaan yang dilamarnya.

Cara Menjawab Jenis Pekerjaan yang Disukai

Ilustrasi jenis pekerjaan yang disukai. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko
Dalam menjawab pertanyaan mengenai jenis pekerjaan yang disukai, pelamar bisa memberikan beberapa jawaban seperti berikut.

1. Sesuaikan Kemampuan atau Passion Pelamar

Jika mendapatkan pertanyaan tentang pekerjaan yang disukai, pelamar bisa menjawab sesuai dengan kemampuan atau passion yang dimiliki. Pelamar bisa menyampaikan ketertarikannya pada sesuatu yang baru sehingga pelamar sangat terbuka mempelajari hal baru.
Contoh cara menjawabnya yaitu:
ADVERTISEMENT

2. Suasana Kerja yang Disukai Pelamar

Pelamar juga bisa menjawab pertanyaan jenis ini dengan suasana kerja yang pelamar sukai. Misalnya pelamar nyaman ketika berada di lingkungan yang saling mendukung dan berkolaborasi.
Namun, dalam menjawabnya pelamar harus tetap memberikan alasan yang logis kenapa suka dengan suasana tersebut. Contoh cara menjawabnya yaitu:

3. Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Jawaban yang terakhir, setelah menjelaskan dua hal di atas, pelamar bisa juga mengaitkan dengan pekerjaan yang ditawarkan atau sedang dilamar. Contoh cara menjawabnya yaitu:
ADVERTISEMENT
Cara menjawab jenis pekerjaan yang disukai saat wawancara kerja merupakan pertanyaan yang penting untuk diketahui. Sebab, pertanyaan ini sering diberikan pewawancara dan dapat menentukan diterima atau tidaknya pelamar di sebuah perusahaan. (MRZ)