Ekskul: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya di Lingkungan Sekolah

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
2 Agustus 2023 17:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ekskul. Sumber: Pexels/Ron Lach
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ekskul. Sumber: Pexels/Ron Lach
ADVERTISEMENT
Ekskul adalah salah satu aspek penting dalam pendidikan di lingkungan sekolah. Ekskul atau ekstrakurikuler merujuk pada kegiatan di luar kurikulum formal yang diadakan di sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan potensi dan minat siswa di bidang-bidang tertentu.
ADVERTISEMENT
Ekskul menawarkan beragam kegiatan yang berbeda dari mata pelajaran biasa, dan berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan, bakat, dan kepribadian siswa. Sehingga penting untuk mengetahui minat dan bakat siswa.

Pengertian Ekskul

Ilustrasi Pengertian Ekskul. Sumber: Pexels/Kampus Production
Mengutip dari buku Ekskul: Panggung Ekspresi Diri dan Pengembangan Sosial di Sekolah, Prof. Dr. Emily Roberts (2021), di balik layar pendidikan, ekskul adalah panggung tempat siswa beraksi dalam kegemaran dan minat mereka.
Ekstrakurikuler atau ekskul merupakan kegiatan yang diadakan di luar jam pelajaran reguler di sekolah. Kegiatan ekskul ini bersifat pilihan, di mana siswa dapat memilih sesuai minat dan bakat mereka.
Ekskul dapat mencakup berbagai bidang, seperti olahraga, seni, keagamaan, bahasa, sastra, dan banyak lagi. Tujuan dari ekskul adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan diri mereka di bidang-bidang tertentu di luar dari kurikulum formal.
ADVERTISEMENT

Tujuan Ekskul

Ilustrasi Tujuan Ekskul. Sumber: Pexels/Max Fischer:
Terdapat beberapa tujuan utama dari kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut.

1. Mengembangkan Minat dan Bakat

Melalui ekskul, siswa dapat menemukan minat dan bakat mereka dalam bidang-bidang tertentu, seperti musik, tari, fotografi, atau olahraga. Dengan mengikuti ekskul sesuai minat mereka, siswa dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

2. Mengembangkan Keterampilan

Ekskul juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa di bidang-bidang tertentu. Misalnya, siswa yang mengikuti ekskul bahasa asing dapat mengasah kemampuan berbahasa.

3. Meningkatkan Kemandirian

Melalui ekskul, siswa diajarkan untuk mandiri dalam mengelola waktu dan tanggung jawab. Mereka belajar mengatur jadwal antara ekskul, tugas sekolah, dan waktu luang.

4. Membangun Jiwa Kepemimpinan

Banyak ekskul juga berfokus pada pembentukan kepemimpinan. Siswa dihadapkan pada kesempatan untuk menjadi ketua atau pengurus ekskul, yang membantu mereka mengasah kemampuan kepemimpinan dan kerja sama.
ADVERTISEMENT

Contoh Ekskul di Lingkungan Sekolah

Ilustrasi Contoh Ekskul di Lingkungan Sekolah. Sumber: Pexels/RDNE Stock project
Berikut adalah contoh ekskul di lingkungan sekolah yang paling umum.

1. Ekskul Musik

Ekskul musik biasanya mencakup paduan suara, band, atau orkestra. Di sini siswa dapat mengembangkan bakat musik mereka dan mengasah keterampilan bermusik.

2. Ekskul Olahraga

Ekskul olahraga melibatkan berbagai cabang olahraga, seperti sepak bola, basket, voli, atau bulu tangkis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan atletik dan kerjasama tim.

3. Ekskul Bahasa Asing

Ekskul bahasa asing memungkinkan siswa untuk belajar bahasa, selain bahasa resmi di negaranya. Contohnya ekskul bahasa Jepang atau bahasa Mandarin.

4. Ekskul Seni Rupa

Ekskul seni rupa membantu siswa mengasah kreativitas dan keterampilan seni. Dalam ekskul ini, mereka dapat mencoba berbagai teknik, seperti melukis, menggambar, atau membuat kerajinan tangan.

5. Ekskul Jurnalistik

Ekskul jurnalistik melatih siswa untuk menjadi jurnalis muda. Mereka belajar menulis artikel, wawancara, dan mengelola media sekolah.
ADVERTISEMENT
Sebagai siswa, ekskul adalah kegiatan diikuti sesuai minat dan bakat akan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan diri dan membantu meningkatkan prestasi akademik serta jiwa sosial. (ARR)