Hasil Siklus Krebs dan Tahapannya dalam Respirasi Aerob

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
4 Desember 2023 16:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Hasil siklus krebs - Sumber: pixabay.com/u_ys074yedl6
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Hasil siklus krebs - Sumber: pixabay.com/u_ys074yedl6
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa hasil siklus kreb? Ini adalah pertanyaan yang umum muncul saat mempelajari mengenai siklus kreb pada pelajaran Biologi. Siklus krebs, adalah proses biokimia yang menakjubkan yang terjadi dalam mitokondria sel eukariotik.
ADVERTISEMENT
Siklus ini merupakan bagian integral dari respirasi aerob. Jadi masih berhubungan dengan cara utama sel untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP (adenosin trifosfat).

Tahapan untuk Mendapatkan Hasil Siklus Krebs

Ilustrasi Hasil siklus krebs - Sumber: pexels.com
Siklus krebs, juga dikenal sebagai siklus asam sitrat atau siklus asam trikarboksilat, adalah suatu siklus biokimia yang terjadi dalam mitokondria sel eukariotik. Siklus Krebs merupakan salah satu tahap utama dalam proses respirasi sel.
Pada kondisi aerob, glukosa yang telah diubah menjadi asam piruvat melalui glikolisis akan dioksidasi secara sempurna menjadi air. Sedangkan karbon dioksida melalui siklus asam sitrat.
Berdasarkan buku BIOLOGI Interaktif Kelas XII IPA, Wijaya Jati, 2007, secara lebih lengkap, inilah tahapan yang diperlukan untuk mendapatkan hasil siklus krebs.
ADVERTISEMENT

1. Asam Sitrat (Citrate)

Siklus dimulai dengan penggabungan molekul asam oksaloasetat dengan molekul asetil-KoA, membentuk molekul asam sitrat (citrate). Proses ini disebut sebagai reaksi penggabungan (condensation).

2. Reaksi Dekarboksilasi

Molekul asam sitrat mengalami serangkaian reaksi dekarboksilasi. Artinya adalah mengalami pelepasan satu karbon dioksida dari molekul tersebut pada setiap siklusnya.

3. Generasi NADH dan FADH2

Selama Siklus Krebs, NAD+ (nikotinamida adenin dinukleotida) dan FAD (flavin adenin dinukleotida) menerima elektron dan proton dari molekul intermediat siklus. Lalu menghasilkan molekul NADH dan FADH2, yang berperan dalam rantai transport elektron untuk menghasilkan ATP.

4. Generasi ATP

Beberapa langkah dalam siklus krebs menghasilkan senyawa antara yang menyediakan energi untuk sintesis ATP. Dilakukan melalui fosforilasi tingkat substrat dan fosforilasi oksidatif.

5. Regenerasi Asam Oksaloasetat

Pada akhir siklus, asam oksaloasetat yang awalnya digunakan dalam reaksi penggabungan dihasilkan kembali. Asam oksaloasetat ini dapat berpartisipasi kembali dalam siklus Krebs untuk memulai siklus baru.
ADVERTISEMENT
Dalam satu kali putaran proses siklus krebs, dapat menghasilkan 12 ATP dengan rincian:
Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa untuk dua kali putaran, hasil siklus kreb adalah dalam bentuk energi sebanyak 24 ATP dan 2 molekul CO2. Demikian penjelasan mengenai siklus krebs dan tahapannya, semoga bisa dipahami. (DNR)