Kapan Musim Kemarau 2024 Terjadi? Ini Penjelasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
25 Mei 2024 15:55 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kapan Musim Kemarau 2024, foto:pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kapan Musim Kemarau 2024, foto:pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Musim kemarau atau musim kering merupakan musim yang terjadi di wilayah tropis, seperti Indonesia. Untuk mengetahui terjadinya musim ini perlu adanya informasi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Lantas kapan musim kemarau 2024 terjadi di Indonesia?
ADVERTISEMENT
Saat musim kemarau masuk, maka curah hujan akan lebih rendah dan intensitas hujan akan semakin jarang sampai tidak turun hujan sama sekali. Selain itu sinar matahari pada siang hari juga menjadi sangat terik dengan kondisi langit tanpa awan.

Mengetahui Kapan Musim Kemarau 2024 Terjadi

Ilustrasi Kapan Musim Kemarau 2024, foto:pexels
Kapan musim kemarau 2024 terjadi? Menurut laman resmi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) www.bmkg.go.id puncak musim kemarau di Indonesia tahun 2024 diprediksi terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2024.
Musim kemarau tahun 2024 di sebagian besar wilayah Indonesia mundur dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ketika masuk musim kemarau sebagian daerah biasanya akan mengalami kekeringan ataupun kekurangan air.
Oleh karena itu, musim kemarau sering juga disebut sebagai musim kering yang dipengaruhi oleh sistem musim. Terjadinya musim kemarau biasanya ditandai dengan dalam kurun waktu tertentu curah hujan per bulan akan berada di bawah 60 mm per bulan atau 20 mm per dasarian selama 3 dasarian secara berturut-turut.
ADVERTISEMENT
Dasarian merupakan satuan waktu meteorologi yang lamanya sebanyak 10 hari. Selain itu terjadinya musim kemarau dipengaruhi oleh gerakan angin muson timur yang telah melewati daerah Indonesia.
Angin muson ialah angin yang bertiup mulai dai belahan bumi utara, sehingga dapat mengakibatkan benua Australia cenderung lebih dingin serta tekanan udaranya semakin meningkat.
Dengan kondisi tersebut akan menyebabkan suhu pada benua Asia mengalami peningkatan dengan diikuti tekanan udara yang rendah. Kemudian angin yang bersumber dari Australia dan melewati beberapa gurun memiliki sifat yang panas dan juga kering.
Angin tersebutlah yang akan bertiup ke arah Indonesia dan menjadi penyebab terjadinya musim kemarau. Musim tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda dari jenis musim lainnya. Berikut beberapa ciri-ciri terjadinya musim kemarau.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan di atas dapat diketahui kapan musim kemarau 2024 terjadi di wilayah tropis khususnya Indonesia. Semoga dari penjelasan tersebut dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. (PAM)